Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kiat Deris Lolos Beasiswa LPDP hingga Jadi Presiden BEM Columbia University

KOMPAS.com - Pendaftaran beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) 2023 tahap 1 masih dibuka hingga 25 Januari 2023.

Mahasiswa yang ingin mendaftar beasiswa LPDP 2023 tentu ingin tahu tips dari mahasiswa yang telah berhasil lolos beasiswa dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) ini.

Deris Nagara, pemuda asal Ciamis Jawa Barat yang berhasil lolos beasiswa LPDP. Kini, Deris tengah menempuh pendidikan S2 di Columbia University menggunakan beasiswa LPDP.

Deris Nagara Presiden BEM Columbia University, awardee LPDP 2022

Setelah ditetapkan sebagai awardee LPDP, Deris juga dipercaya menjadi ketua angkatan PK-193 Genta Mandaya. Kepada Kompas.com, Deris Nagara menceritakan pengalamannya mendaftar beasiswa LPDP hingga berangkat ke Amerika Serikat untuk menempuh studi S2.

Sejak menempuh studi S1 di President University, Deris sudah mengincar beasiswa LPDP. Usaha Deris dimulai sejak 2021, dia mendaftar ke Columbia University dan dinyatakan lolos pada Oktober atau November 2021.

Namun cita-citanya lolos beasiswa LPDP harus tertunda. Meski sudah dinyatakan diterima di Columbia University, Deris belum mendapatkan beasiswa maupun sponsorship dan timeline beasiswa LPDP kurang pas kala itu.

Deris pun akhirnya mencoba lagi mendaftar di Columbia University pada akhir 2021. Hingga akhirnya bulan Maret 2022, Deris berhasil lolos di Columbia University dan mendapatkan beasiswa langsung dari kampus tersebut.

"Hanya 10-20 persen mahasiswa dari seluruh dunia yang bisa mendapat beasiswa langsung dari Columbia University. Saya termasuk salah satu yang menerima beasiswa langsung dari Columbia University," ungkap Deris kepada Kompas.com.

Meminta saran alumni LPDP dan bangun network

Salah satu strategi Deris saat mendaftar beasiswa LPDP adalah meminta saran dan membangun network bagi alumni LPDP tahun-tahun sebelumnya.

Dia meminta panduan alumni LPDP dari beberapa kampus top dunia seperti Harvard University dan Columbia University. Deris mengaku, dia sama sekali tidak punya koneksi karena dia juga menjadi yang pertama alumnus President University yang bisa tembus LPDP untuk Columbia University.

"Saya tidak punya koneksi dari senior. Namun saya mencoba menghubungi beberapa orang lewat LinkedIn, Instagram, YouTube. Minta pertolongan untuk dipandu dan dibantu. Akhirnya daftar LPDP dan lolos administrasi kemudian wawancara hingga akhirnya dinyatakan lolos beasiswa LPDP subkategori LPDP PTUD," terang Deris.

Deris membagikan tips bagi mahasiswa yang tahun ini berencana mendaftar LPDP 2023. Deris menyarankan agar generasi muda bisa lebih banyak mengetahui tentang diri sendiri dan jangan membandingkan kehidupan mereka dengan kehidupan orang lain.

Tips lolos beasiswa LPDP ala Deris

Berikut tips lolos beasiswa LPDP dari Presiden BEM Columbia University.

1. Ketahui kekuatan dan kelemahan dan potensi diri

Tips pertama dari Deris adalah, banyak mengetahui memperdalam diri sendiri dan jangan membandingkan dengan orang lain karena tiap orang berbeda satu sama lain.

Deris menekankan, perlunya self-awareness mengetahui kelebihan, kekurangan hingga kesempatan apa yang bisa diperoleh.

"Ketika sudah tahu kelebihan diri kita, saat membuka dunia tidak ada inferior maupun superior. Tapi semua orang bisa menjadi yang terbaik menurut versi mereka sendiri. Hidup bukan kompetisi," beber Deris.

Mahasiswa juga perlu berani mengenali dan menggali potensi diri sendiri.

"Kenali self-awareness, self confidence dan self-esteem," imbuh Deris.

2. Harus banyak bangun portofolio

Harus banyak membangun portofolio. Portofolio ini bisa memberikan dampak positif kepada masyarakat dan komunitas.

3. Finding the answer of question why dan how

Deris menambahkan, kenapa dan bagaimana salah satu filosofi di dalam kehidupan yang harus dipegang teguh.

4. Jiwa sosial dan jiwa mengabdi untuk negara

Sebagai generasi muda bangsa Indonesia, mahasiswa perlu memiliki jiwa sosial dan jiwa mengabdi untuk negara pada bidang apapun itu. Selain itu mahasiswa juga bisa memberikan dampak pada komunitas. Hal tersebut sangat penting.

Deris memberi tips agar mulai dari sekarang, anak muda bisa ikut volunteer atau ikut organisasi. Mengikuti kegiatan tersebut bukan masalah pengalaman kerja atau meraih berbagai prestasi.

Namun yang terpenting adalah passion untuk memberikan yang terbaik untuk bangsa Indonesia.

5. Meningkatkan rasa empati tinggi

Deris menjelaskan, sebagai mahasiswa perlu mencoba memahami perspektif orang lain. Selain itu identifikasi problem-nya juga harus jelas. Sehingga nantinya ke arah career objective dan study objective seperti apa dan mencari benang merah untuk memenuhi skill set gap.

"Semangat terus karena semua orang spesial dan berbeda dengan cara mereka. Semuanya bisa mengejar mimpi kalian," tandas Deris.

Menampung suara para mahasiswa

Selama 9 tahun ini, lanjut Deris, dia mendedikasikan hidupnya untuk aktif dalam pemberdayaan pemuda dan pengembangan komunitas.

"Saya banyak mengenal dan kerjasama dengan berbagai macam stakeholders dan memperdalam praktik networking," ucap Deris dalam Instagram pribadinya @derisnagara dikutip, Kamis (2/2/2023).

Saat menjadi Presiden BEM, Deris menghadapi dan memberikan solusi serta advokasi kebijakan dan pelayanan terhadap berbagai macam tantangan dan permasalahan mahasiswa. Secara tidak langsung, Deris turut menampung suara mahasiswa di Columbia University.

Deris berharap semua pengalaman selama mengenyam pendidikan di Columbia University bisa menjadi pembelajaran untuk diimplementasikan di Indonesia dan terus mengabdi untuk Ibu Pertiwi.

Deris merupakan pemuda yang lahir dan dibesarkan dalam keluarga sederhana dengan nilai budaya Sunda yang kuat dan altruisme. Menurutnya, bahasa dan Budaya Sunda terkenal dengan kesopanan dalam bertutur kata lembut dan perhatian dalam mewujudkan sikap.

"Saya diajari nilai-nilai budaya Sunda yang beragam sesuai dengan filosofi hidupnya yaitu 'Soméah Hade ka Sémah' dan 'Silih Asah, Silih Asih, Silih Asuh' yang berarti baik hati dan saling menjaga," terang Deris.

https://www.kompas.com/edu/read/2023/02/19/091957071/kiat-deris-lolos-beasiswa-lpdp-hingga-jadi-presiden-bem-columbia-university

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke