Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lewat Kopi, Mahasiswa KKN USD Dorong Terciptanya Lapangan Kerja Baru di Temanggung

KOMPAS.com - Para mahasiswa Universitas Sanata Dharma (USD) Yogyakarta punya program menarik saat ikut kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Jlegong, Kecamatan Bejen, Temanggung, Jawa Tengah.

Yakni membuat rebranding kopi lokal berjenis robusta dengan nama ‘Tumago’. Tumago merupakan singkatan dari Tunas Muda Jlegong, yang menandakan produk asli dari Desa Jlegong.

Adapun rebranding yang dilakukan para mahasiswa KKN USD ini dimulai dari tahap pembentukan struktur tim yang dibagi menjadi tiga bagian yaitu produksi, packaging atau pengemasan, dan pemasaran.

Menurut Maria Gabriella Kurnia Putri, perwakilan dari Kelompok 113 KKN USD, munculnya ide rebranding ini bermula dari hasil observasi para mahasiswa ketika diterjunkan ke lokasi KKN.

Sebelumnya kopi hanya dijual ke pengepul

Dari hasil observasi tersebut, akhirnya dilakukan pembentukan tim rebranding kopi Tumago.

Ternyata, mereka melihat peluang usaha dari sumber daya alam yang ada. Karena selama ini kopi yang dihasilkan hanya dijual ke pengepul, jadi mereka merasa perlunya memproduksi kopi agar warga bisa memperoleh margin keuntungan yang lebih besar.

"Dengan cara memproduksi kopi seperti itu, kita harapkan juga bisa membuka lapangan pekerjaan bagi para pemuda dan warga sekitar," ucap Nia dalam keterangan tertulisnya, Selasa (31/1/2023).

Dia menjelaskan, dalam kegiatan produksi ini para mahasiswa KKN USD mengajak karang taruna Desa Jlegong yang selama ini memang belum aktif.

Adapun proses produksi kopi pertama dilaksanakan di rumah salah satu warga bernama Reza pada 19 Januari lalu.

Reza sendiri merupakan satu produsen kopi yang sudah menjual kopinya ke luar Temanggung, bahkan ke seluruh Indonesia.

Setelah memproduksi kopi, untuk tahap selanjutnya ialah pengemasan dan pemasaran. Tim KKN USD juga memberikan sosialisasi mengenai desain kemasan, logo, dan identitas brand.

Hal ini dilakukan untuk membuka wawasan warga bahwa yang dijual bukan hanya barangnya saja, tetapi juga tampilan dan pengemasannya.

Tentunya melalui berbagai tahap yang telah dilakukan tersebut, lahirlah brand 'Tumago' sebagai produk lokal Desa Jlegong.

Beri pengalaman berharga bagi pemuda karang taruna

Ternyata, rebranding kopi ‘Tumago’ lewat program KKN USD ini mendapatkan dukungan sepenuhnya dari pihak desa. Kepala Desa Jlegong Eko Suharno menyampaikan terima kasihnya atas program kerja yang dilakukan Tim KKN USD.

"Saya mengapresiasi program ini, karena sudah memberi pengetahuan, kemampuan dan pengalaman untuk pemuda Desa Jlegong. Mudah-mudahan dengan adanya program ini, produksi kopi di sini bisa lebih berkembang," terangnya.

Tak hanya pihak desa, salah seorang warga, Nina Martina juga menyatakan bahwa hal ini akan menambah semangat pemuda Dusun Jlegong untuk melakukan kegiatan positif dan produktif.

"Program ini selain memberi pengalaman, juga memberi modal untuk awal perjalanan 'Tumago' dan karang taruna di sini. Semoga dapat menjadi komoditi yang dicari dan laku di pasaran," harap dia.

https://www.kompas.com/edu/read/2023/01/31/170221471/lewat-kopi-mahasiswa-kkn-usd-dorong-terciptanya-lapangan-kerja-baru-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke