Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kaltara dan UT Jalin Kerja Sama Wujudkan SDM Unggul

KOMPAS.com - Universitas Terbuka (UT) menjalin kerja sama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) untuk bidang penguatan sumber daya manusia.

Penandatanganan nota kesepahaman kerja sama dilakukan Rektor UT Prof. Ojat Darojat dan dan Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang pada Selasa, 6 Desember 2022 di UT Convention Center, Pondok Cabe, Tangerang Selatan.

"UT didirikan oleh pemerintah dengan tiga mandat utama; pemerataan akses pendidikan tinggi bagi seluruh masyarakat Indonesia termasuk bagi masyarakat di Kalimantan Utara, memberikan kesempatan bagi saudara kita yang sudah bekerja untuk meningkatkan kompetensinya, dan meningkatkan daya tampung lulusan SMA yang semakin banyak," ungkap Rektor UT Prof. Ojat Darojat.

"UT menghadirkan pendidikan tinggi yang berkualitas tanpa batas," tegas Prof. Ojat.

Lebih jauh Prof. Ojat menyampaikan, UT kian menegaskan posisinya sebagai perguruan tinggi jarak jauh di tengah persaingan yang semakin ketat. "Dengan adanya pandemi Covid-19, UT kian dilirik oleh masyarakat," tambah Prof. Ojat.

"Mudah-mudahan UT semakin berjaya di masa depan, menjadi pilihan dan dicintai masyarakat dalam rangka mendukung program pemerintah meningkatkan kualitas SDM," harap Rektor UT menutup sambutan.

Dengan otonomi luas menjadi PTNBH, Prof. Ojat optimis UT akan mampu meningkatkan kualitas SDM, termasuk di Kaltara, dengan menghadirkan berbagai program studi yang mampu menjawab berbagai tantangan dan permasalahan yang ada di tengah masyarakat.

Secara khusus Prof. Ojat Darojat juga menyampaikan ucapan selamat ulang tahun kepada Gubernur Kaltara Zainal Arifin yang tepat berulang tahun ke-60 pada hari tersebut.

Dalam kesempatan sama, Gubernur Kaltara Zainal Arifin menyampaikan apresiasi kepada UT atas kerja sama yang telah dilakukan antara UT dengan Pemprov Kaltara.

"Semoga dengan adanya kesepakatan ini kita dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Kaltara yang masuk dalam provinsi termuda di Indonesia," harap Zainal Arifn. 

Zainal Arifin menyadari SDM kompeten menjadi kunci dalam pemerataan dan penguatan berbagai pembangunan proyek strategis Nasional di antaranya Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Sungai Kayan dan Kawasan Industri Hijau Indonesia yang tengah berlangsung di Kaltara.

Zainal Arifin menyampaikan pihaknya sudah menyiapkan 500 beasiswa bagi putera puteri terbaik Kaltara senilai Rp 15 Miliar. "Ini akan berlanjut terus, Kaltara membutuhkan SDM yang unggul dan hebat karena banyak proyek strategis nasional," tambahnya.

"Dengan keberadaan SDM unggul yang sangat dibutuhkan, kita percaya akan mampu mewujudkan Kalatara yang maju dan sejahtera," pungkas Gubernur Kaltara.

https://www.kompas.com/edu/read/2022/12/06/145221671/kaltara-dan-ut-jalin-kerja-sama-wujudkan-sdm-unggul

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke