Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ketahui Hak dan Kewajiban Siswa di Sekolah

KOMPAS.com - Semua siswa memiliki hak dan kewajiban di sekolah yang harus dipenuhi dan dijalankan.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai hak dan kewajiban siswa, pahami dulu makna hak dan kewajiban. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), hak adalah kekuasaan untuk berbuat sesuatu (karena telah ditentukan oleh undang-undang, aturan, dan sebagainya).

Contohnya, setiap anak yang telah berusia 18 tahun ke atas mempunyai hak untuk memilih dan dipilih dalam pemilihan umum (Pemilu).

Sedangkan kewajiban adalah sesuatu yang diwajibkan atau harus dilaksanakan (keharusan). Kewajiban juga harus dilakukan dengan penuh tanggung jawab untuk mendapatkan hak.

Contohnya, tugas membuat skripsi atau tugas akhir sudah menjadi kewajiban mahasiswa agar mendapatkan gelar sarjana. Melansir dari laman Pintek, berikut hak dan kewajiban siswa di sekolah:

Hak siswa di sekolah

Sebagai siswa, perlu memahami hak yang bisa diperoleh saat berada di sekolah. Berikut hak siswa di sekolah:

1. Mendapatkan materi pelajaran

Sekolah merupakan tempat belajar dan menimba ilmu. Sehingga salah satu hak siswa di sekolah adalah mendapatkan materi pelajaran dari guru.

Guru juga diwajibkan untuk memberikan materi dan menjelaskannya kepada siswa dengan sejelas-jelasnya. 

2. Menggunakan fasilitas sekolah

Hak siswa lainnya adalah bisa menggunakan semua fasilitas yang ada di sekolah. Misalnya ruang laboratorium, ruang komputer, perpustakaan dan lain sebagainya demi meningkatkan efektivitas kegiatan belajar mengajar.

Setiap siswa berhak untuk menggunakan fasilitas sekolah sesuai ketentuan namun tetap bertanggung jawab untuk menjaganya.

3. Bertanya dan berpendapat

Saat berada di sekolah, selain menerima pelajaran dari guru juga tempat siswa mengasah soft skill. Misalnya belajar berpikir kritis dan berani mengajukan pendapat maupun bertanya.

Oleh karena itu, siswa tidak perlu takut dan malu untuk bertanya atau mengemukan pendapatnya. Namun perlu diingat meski bebas menyampaikan aspirasi, siswa tetap harus mengedepankan sopan santun.

4. Mendapatkan perlakuan yang adil

Di suatu sekolah memiliki siswa dengan latar belakang yang berbeda. Namun semua siswa dari latar belakang apapun punya hak untuk diperlakukan secara adil.

Siswa berhak untuk diperlakukan dengan adil oleh guru atau staf sekolah lainnya tanpa adanya diskriminasi.

Kewajiban siswa di sekolah

Selain belajar, berikut kewajiban siswa selama di sekolah:

1. Menjaga kebersihan dan keamanan sekolah

Meski ada petugas kebersihan, namun siswa tetap punya kewajiban menjaga kebersihan kelas dan lingkungan sekolah.

Langkah paling sederhana yang bisa dilakukan siswa dengan membuang sampah pada tempatnya. Selain itu siswa juga berkewajiban untuk memelihara halaman sekolah, memelihara gedung dengan tidak mencoret-coret tembok, pagar, meja, kursi dan lain sebagainya.

2. Wajib mengikuti proses belajar

Mengikuti proses belajar di kelas ini merupakan kewajiban utama siswa. Mengikuti proses pembelajaran menjadi syarat untuk kenaikan kelas dan kelulusan.

3. Membantu kelancaran proses belajar mengajar di kelas

Kelancaran belajar mengajar di kelas bukan hanya tanggung jawab guru saja. Siswa juga diwajibkan untuk melakukan hal serupa agar dapat menciptakan suasana belajar yang kondusif.

Caranya dengan memperhatikan penjelasan guru dengan baik dan tidak berisik atau mengobrol dengan teman ketika guru sedang menjelaskan.

4. Menjaga nama baik sekolah

Saat berada di sekolah, siswa memang menjadi tanggung jawab sekolah dan diawasi oleh sekolah. Namun saat berada di luar sekolah, siswa tetap harus berperilaku sopan dan mematuhi norma-norma yang berlaku di masyarakat.

Kewajiban siswa wajib untuk menjaga nama baik sekolah dengan tidak melakukan hal-hal buruk. Seperti mengikuti tawuran antar sesama pelajar, keluyuran di luar lingkungan sekolah dengan menggunakan seragam sekolah pada saat jam belajar dan lain sebagainya.

5. Memakai pakaian sesuai dengan aturan sekolah

Biasanya di sekolah memiliki aturan penggunaan seragam saat berangkat ke sekolah. Siswa juga wajib mengenakan pakaian sekolah atau seragam yang sopan. Tidak terlalu ketat bagi siswa perempuan dan mengenakan seragam sesuai hari.

Demikian hak dan kewajiban siswa di sekolah yang perlu kamu ketahui. Dengan melaksanakan kewajiban dan memperoleh haknya diharapan siswa bisa menjalani proses belajar yang optimal di sekolah.

https://www.kompas.com/edu/read/2022/09/18/155700271/ketahui-hak-dan-kewajiban-siswa-di-sekolah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke