Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

UPI Sumbang 73 Medali di Ajang PON XX Papua 2021

KOMPAS.com - Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menyumbang 73 medali pada ajang bergengsi PON XX Papua Tahun 2021.

Medali itu terdiri dari 23 medali emas, 20 medali perak, dan 30 medali perunggu.

Secara nasional Kontingen Jawa Barat (Jabar) meraih prestasi dengan meraih 353 medali, dengan capaian 133 medali emas, 105 medali perak dan 115 medali perunggu.

Keberhasilan pencapaian prestasi UPI menjadi faktor penting bagi kontingen Jabar dalam mempertahankan posisi Juara Umum.

Selain itu, terdapat 1 mahasiswa UPI juga berhasil meraih prestasi medali emas dari tim kontingen Papua.

Rektor UPI, Prof. Solehuddin beserta keluarga besar UPI menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada para mahasiswa sebagai atlet.

"Lalu dosen dan tenaga kependidikan sebagai tim official atas keberhasilnya meraih prestasi dan ikut berkontribusi menyumbangkan medali bagi kontingen Jabar, kontingen Papua serta kontingen lainya pada laga PON XX Papua Tahun 2021," kata dia melansir laman UPI, Selasa (19/10/2021).

Dia menyebut, kontingen UPI yang tergabung dalam kontingen Jabar terdiri dari dosen dan tenaga kependidikan.

Mereka berperan menjadi manajer, koordinator pelatih, pelatih, technical delegate, wasit, koordinator pemenangan, tim pemenangan, satgas pon, panwasrah, wasit, serta asisten.

Sedangkan mahasiswa sebagai atlet terdiri dari mahasiswa jenjang S1 pada Fakultas Pendidikan Olaharaga dan Kesehatan (FPOK), UPI Kampus Sumedang, dan UPI Kampus Cibiru.

Kemudian ada mahasiswa pada jenjang S2 Pendidikan Olaharaga, S2 Pendidikan Teknologi Kejuruan (PTK) Sekolah Pascasarjana UPI.

"Selain peran tenaga dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa, alumni FPOK juga turut berkontribusi meraih prestasi berbagai medali pada ajang pekan olahraga bergengsi ditingkat nasional," ungkap dia.

Dia mengaku, jumlah keseluruhan atlet dari UPI sebanyak 140 orang.

Secara rinci jumlah atlet mahasiswa jenjang S1 dan S2 sebagai atlet yang terlibat dan berpartisipasi pada PON XX Papua 2021 sebanyak 78 orang.

Sebaran atlet mahasiswa dari UPI, yaitu 3 mahasiswa dari Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pendidikan Jasmani, 2 mahasiswa dari Program Studi Ilmu Keolahragaan, 8 mahasiswa dari Program Studi Kepelatihan Fisik Olaharaga, dan 12 mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi.

Lalu ada 34 mahasiswa dari Pendidikan Kepelatihan Olahraga, 15 mahasiswa dari S2 Pendidikan Olahraga, 1 mahasiswa dari S2 Pendidikan Teknologi Kejuruan (PTK), 3 mahasiswa UPI Kampus Sumedang serta 1 mahasiswa UPI Kampus Cibiru.

"Jumlah atlet dari alumni FPOK sebanyak 59 orang serta jumlah tenaga dosen sebanyak 17 orang, dan tenaga kependidikan 3 orang yang berperan sebagai official," pungkas dia.

https://www.kompas.com/edu/read/2021/10/19/194421171/upi-sumbang-73-medali-di-ajang-pon-xx-papua-2021

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke