Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ketua Majelis Rektor: Ini Tips Sukses Masuk PTN

KOMPAS.com - Bagi yang ingin kuliah di perguruan tinggi negeri (PTN), saat ini masih ada kesempatan untuk mengikuti jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021.

Sebab, pendaftaran SBMPTN 2021 telah dibuka sejak 15 Maret 2021 kemarin. Adapun pendaftarannya akan ditutup hingga 1 April 2021 pukul 15.00 WIB.

Namun, apakah siswa atau calon mahasiswa sudah siap untuk mendaftar? Apakah sudah menentukan pilihan mau kuliah di mana dan ambil jurusan apa?

Apa yang perlu dipersiapkan untuk nanti mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sebagai syarat pada jalur SBMPTN 2021?

Berikut ini, disampaikan tips sukses masuk PTN oleh Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI), Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum.

Pada paparannya di webinar gelaran LTMPT akhir 2020 kemarin, Prof. Jamal menjelaskan kiat sukses masuk PTN pada 2021.

Menurut Prof. Jamal yang juga Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS), seleksi masuk PTN dibagi menjadi tiga jalur, yakni:

  1. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).
  2. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).
  3. Seleksi Mandiri yang diselenggarakan oleh masing-masing PTN.

Tips sukses masuk PTN

Lantas, apa saja yang harus dipersiapkan oleh calon mahasiswa?

1. Memperbanyak latihan

Menghadapi ujian tulis pada SBMPTN dan seleksi mandiri perlu persiapan mental. Banyak siswa yang gagal diterima PTN disebabkan karena gugup dan grogi saat mengerjakan soal tes.

"Biasakan diri Anda dengan berbagai bentuk soal dengan cara memperbanyak latihan," ujarnya.

Bangun kepercayaan diri. Jangan pernah terjebak oleh rayuan atau iming-iming dari joki atau orang-orang yang menjanjikan lolos secara instan.

Dijelaskan, seleksi di PTN telah menerapkan berbagai strategi dan sistem monitoring untuk mencegah kecurangan.

2. Kenali minat dan kompetensi diri

Banyak calon siswa yang gagal masuk PTN bukan disebabkan karena kurang pintar, tetapi karena strategi yang kurang tepat dalam memilih prodi.

Sebelum mendaftar seleksi PTN, siswa perlu menyadari minat pribadi. Atau bisa dengan bertanya kepada kakak kelas yang sedang menempuh studi di perguruan tinggi.

Siswa yang ingin lolos PTN harus jeli mengenali kemampuan diri dan membandingkannya dengan prodi juga perguruan tinggi yang dipilih.

Kesimpulan

Tingkat keketatan seleksi masuk PTN selalu tinggi dan cenderung meningkat dari tahun ke tahun. Oleh karena itu harus kerja keras dengan niat yang baik.

Kunci sukses masuk PTN adalah dengan persiapan yang matang. Bisa dengan sejak SMP masuk ke SMP yang bagus, dan ketika SMA juga bisa masuk ke SMA yang bagus.

Berikut ini 6 kunci persiapan seleksi PTN:

1. Memantapkan niat, karena niat itu adalah bagian dari semuanya.

2. Memilih jalur seleksi yang tepat, jangan hanya gengsi saja. Pilih yang sesuai untuk jurusannya.

3. Mengenali minat dan kompetensi diri, misalnya saya pandai di bidang ini, maka tepatnya di bidang ini atau jurusan ini.

"Jangan paksa untuk masuk di fakultas favorit. Keinginan orang tua untuk masuk di pilihan dia tentu harus disesuaikan dengan minat dan kompetensi anak itu sendiri," terang Prof. Jamal.

4. Memperbanyak latihan-latihan, misalnya saja mengumpulkan bank-bank soal 3 atau 4 tahun yang lalu untuk belajar.

5. Memahami prosedur seleksi PTN secara tepat, baik itu SNMPTN, SBMPTN maupun jalur mandiri. Karena kalau tidak paham prosedur nanti akan ditolak.

6. Usaha maksimal disertai doa dan tawakal, kalau mau masuk ke PTN, maka siswa kelas 12 harus berusaha dengan maksimal disertai doa dan berserah diri kepada Yang Maha Kuasa.

https://www.kompas.com/edu/read/2021/03/19/071248871/ketua-majelis-rektor-ini-tips-sukses-masuk-ptn

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke