Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Polbeng Kerek Kompetensi Dosen dan Mahasiswa Bidang Migas

KOMPAS.com - Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) menjalin kerjasama dengan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas). Pelaksanaan kesepakatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dosen maupun mahasiswa dalam bidang minyak dan gas bumi.

Kegiatan penandatanganan kerjasama dilakukan dua pihak di Ruang Meeting Patra 2, Gedung Utama PPSDM MIGAS, Jawa Tengah, Senin, 26 Oktober 2020. PPSDM Migas merupakan instansi pemerintah pusat di bawah Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Energi dan Sumber Daya Mineral (BPSDM) Kementerian ESDM.

"Kerja sama ini dijalin untuk pengembangan kualitas SDM serta untuk menggalang kerja sama dalam bidang pelatihan dan sertifikasi juga untuk mendorong peningkatan kerja sama kedua pihak menuju peningkatan kompetensi," jelas Direktur Polbeng Johny Custer.

Kerjasama demi menghadapi globalisasi

Dia menerangkan, kerja sama yang disepakati dalam rangka mengahadapi era globalisasi, meliputi kegiatan dalam bidang penyelenggaraan pelatihan dan sertifikasi. Lalu, pemanfaatan sarana dan prasarana pendidikan dan pelatihan, serta pelaksanaan jasa teknologi dan keahlian lainnya yang dianggap perlu.

Menurut dia, Indonesia saat ini berupaya mempertahankan produksi minyak mentah sekitar 1 juta barel per hari sampai tahun 2025, dengan pelaksana kegiatan usaha hulu 50 persen dilakukan oleh perusahaan nasional. Kemudian harus memenuhi kebutuhan bahan baku industri dan bahan bakar nasional secara mandiri pada tahun 2025 mendatang.

Untuk melaksanakan upaya dan mencapai target tersebut, bilang dia, tentu dibutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan handal.

"Program link and macth antara industri hulu migas dengan institusi pendidikan sangat diperlukan, agar institusi pendidikan mampu mencetak lulusan dengan kompetensi tinggi dan spesifik sesuai dengan kebutuhan industri," tegas Johny.

Selain itu, pengembangan kompetensi para pekerja juga sangat diperlukan, agar mampu melakukan alih teknologi dan mampu bersaing di era global, baik melalui job training, pelatihan maupun pelaksanaan uji kompetensi.

"Diharapkan kerjasama Polbeng dengan PPSDM Migas ini mampu menjawab kebutuhan SDM di bidang migas dan pendukungnya. Apalagi program ini mendapat dukungan penuh dari Pemerintahan Kabupaten Bengkalis," tukas dia.

https://www.kompas.com/edu/read/2020/10/27/231501771/polbeng-kerek-kompetensi-dosen-dan-mahasiswa-bidang-migas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke