Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Live IG Kompas.com: Memaknai Pendidikan Karakter di "Hari Kemenangan"

KOMPAS.com - Penghujung Bulan Suci Ramadhan telah tampak di depan mata. Hari Kemenangan Idul Fitri sebentar lagi menyapa.

Hari Kemenangan sejatinya tak hanya dirayakan dengan berjabat tangan atau pulang ke kampung halaman.

Lebih dari itu, Hari Kemenangan perlu dimaknai lebih dalam sebagai sebuah kemenangan dari godaan hawa nafsu, kemenangan hati dari iri maupun dengki, kemenangan lisan dan perbuatan untuk tidak menyakiti, sehingga diri bisa kembali fitri.

Namun, semakin majunya teknologi, "kemenangan" di hari yang fitri bisa menjadi sebuah tantangan. Lisan, tulisan, hingga komentar yang terlontar di media sosial kadang lupa untuk dipertimbangkan.

Menyoroti beragam fenomena konten media sosial, terutama di kalangan anak muda, yang cenderung kurang empati sehingga rentan menyakiti, Kompas.com menghadirkan IG Live bertema Memaknai Pendidikan Karakter di "Hari Kemenangan" pada Jumat 22 Mei 2020, pukul 11.00 WIB.

Pendidikan karakter yang kini juga menjadi isu besar di dunia pendidikan, dinilai bisa menjadi "modal" anak untuk berkarakter positif dan memiliki akhlak mulia sebagai bekal mencapai "kemenangan" yang utuh.

Jadi, seperti apakah pendidikan karakter yang perlu ditanamkan orangtua untuk menumbuhkan anak-anak dengan karakter mulia? Bagaimana agar anak memiliki empati agar ia menjadi pribadi yang tidak mudah menyakiti? Sehingga anak bisa memahami makna sesungguhnya dari jiwa yang fitri?

Untuk menjawab pertanyaan seputar pendidikan karakter dan kaitannya dengan Hari Raya Idul Fitri, Kompas.com menghadirkan narasumber Direktur Pendidikan Cahaya Rancamaya Islamic Boarding School Ari Rosandi, S.S., M.Pd.

Ia mengatakan, saat ini bangsa Indonesia tengah bergeliat menyiapkan sumber daya manusia yang religius, unggul dan berkarakter.

Pendidikan, lanjutnya, menjadi satu jalan utama dalam membangun peradaban bangsa Indonesia. Peradaban yang penuh dengan karakter positif, dibangun dengan fondasi nilai-nilai agama.

Cahaya Rancamaya Islamic Boarding School sendiri merupakan sekolah yang memberi ruang bagi berkembangnya potensi diri warga sekolah, etos kerja yang kuat dalam merancang dan mengelola sumber daya yang dimiliki, sistem pembelajaran yang didukung dengan perkembangan zaman.

Muara dari usaha-usaha tersebut adalah terwujudnya generasi muda Islam yang aktif mengamalkan ajaran Islam berlandaskan konsep Islam Rahmatan Lil Alamin dengan bekal penguasaan ilmu agama, sains dan sosial yang didapat selama berada di sekolah.

Selain menghadirkan seri live streaming seputar pendidikan, KG Media juga menghadirkan beragam artikel agar keluarga Indonesia tetap teredukasi dari rumah melalui laman www.terhubungdarirumah.com

https://www.kompas.com/edu/read/2020/05/21/185356371/live-ig-kompascom-memaknai-pendidikan-karakter-di-hari-kemenangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke