Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jarang Diketahui, Siapa Itu "Paman Sam" Julukan untuk Amerika Serikat?

Kompas.com - 18/06/2022, 13:40 WIB
Maya Citra Rosa

Penulis

KOMPAS.com - Banyak orang mengetahui bahwa Amerika Serikat (AS) mempunyai julukan "Negeri Paman Sam" atau "Uncle Sam" dalam bahasa Inggris.

Lantas, kenapa AS mendapatkan julukan itu, dan siapa itu "Paman Sam"?

Sejarah sosok "Paman Sam" yang jadi nama julukan AS

Dikutip dari Kompas.com, sejarah tentang nama "Paman Sam" bermula pada Perang 1812. Saat itu terjadi konflik militer antara AS melawan Inggris.

Lalu muncul lah seorang pengepak daging bernama Samuel Wilson dipercaya memasok daging untuk kebutuhan tentara Angkatan Darat AS di medan perang.

Dalam menyuplai daging-daging itu, Wilson dari Troy, New York, menandai tong-tong dagingnya dengan tulisan “US”.

Dilansir History, para tentara kala itu tidak mengetahui apa arti “US” yang ada pada tong-tong daging itu.

Padahal tanda "US" pada tong daging milik Samuel merupakan singkatan untuk United States. Namun karena tidak mengetahui singkatan yang sebenarnya dari “US”, para tentara mengira singkatan itu adalah “Uncle Sam” alias “Paman Sam”.

Baca juga: Siapa Paman Sam yang Menjadi Julukan Negara Amerika Serikat?

Cerita tersebut lantas diterbitkan oleh surat kabar lokal hingga akhirnya “Uncle Sam” alias “Paman Sam” diterima oleh khalayak luas sebagai julukan untuk pemerintah federal AS.

Gambar ikonik Uncle Sam

Pada akhir 1860-an hingga 1870-an, seorang kartunis politik Thomas Nast mulai mempopulerkan kartun “Paman Sam”. Dalam kartun buatan Nast, “Paman Sam” digambarkan sebagai pria berjanggut putih serta mengenakan setelan bintang-dan-garis.

Nast juga merupakan tokoh yang mempopulerkan kartun keledai sebagai simbol untuk Partai Demokrat dan kartun gajah sebagai simbol untuk Partai Republik. Selain Nast, seniman lain yang membuat kartun “Paman Sam” adalah James Montgomery Flagg.

Dalam versi Flagg, “Paman Sam” digambarkan sebagai pria yang memakai topi tinggi dan jaket biru dengan jari menunjuk lurus ke depan.

Selama Perang Dunia I, kartun “Paman Sam” buatan Flagg ditambah tulisan “I Want You For The US Army” dan digunakan sebagai poster untuk merekrut tentara Angkatan Darat AS.

Baca juga: Menerka “Jualan” Paman Sam Dalam Kerja Sama Maritim Indonesia-AS

Poster tersebut menjadi sangat terkenal di AS. Hingga akhirnya, kartun “Paman Sam” buatan Flagg direporduksi ulang dengan tulisan-tulisan berbeda di bawahnya.

Nah itulah sejarahnya mengapa Amerika Serikat dijuluki Negeri Paman Sam.

Sumber: Kompas.com (Penulis Taufieq Renaldi Arfiansyah | Editor Rizal Setyo Nugroho)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com