Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengemis yang Punya Tabungan Rp 400 Juta Janji Berhenti Mengemis, Ingin Buka Usaha

Kompas.com - 05/06/2022, 18:50 WIB
Maya Citra Rosa

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu viral seorang pengemis di Gorontalo ternyata memiliki tabungan uang hingga ratusan juta, yaitu Lutfi Haryono (47).

Dalam foto buku rekening yang beredar dan menjadi viral, warga Kelurahan Ipilo Kota Gorontalo ini memiliki saldo tabungan Rp 302 juta lebih dan Rp 94 juta rupiah tersebut miliknya atau lebih dari Rp 400 juta.

Ia juga sempat melakukan penarikan uang Rp 120 juta pada 10 Mei 2022 dan Rp 150 juta pada 2 Juni 2022.

Setelah viral di media sosial, Lurah Ipilo Arifin Gawa didampingi oleh Bhabinkamtibmas dan Babinsa pun memanggilnya pada Kamis (2/6/2022).

“Iya itu rekening saya. (uang) yang lain itu saya punya saudara dan so tarik-tarik lain,” ungkap Lutfi seperti ditulis Tribun Gorontalo.

Namun, Lufti mengaku uang tersebut tak seluruhnya ia dapatkan dari hasil mengemis selama puluhan tahun. Uang yang tersimpan di bank tersebut sebagian ia dapatkan dari hasil sewaktu ia masih bekerja di rumah makan dan toko.

Janji tak mengemis lagi

Baca juga: Pengemis di Gorontalo Ini Punya Tabungan Lebih dari Rp 400 Juta, Viral di Medsos

Lutfi dalam KTPnya tercatat kelahiran Gorontalo pada 22 Juni 1975. Berarti kini usianya 47 tahun saat ini. Saat diwawancarai, ia pun mengaku tidak akan mengemis lagi. Ia memilih untuk berdagang.

“So tidak lagi. Somo (akan) bajual saya. Somo bawarung. So tidak moba jalan bagitu lagi saya,” tutup Lutfi saat berada di Kantor Lurah Ipilo.

Bripka Romi Bhabinkamtibmas Kelurahan Ipilo menjelaskan, kegiatan Lutfi meski hanya mengemis, namun dapat berpotensi pidana.

Sebab, tidak jarang ia mengatasnamakan sebuah yayasan atau sumbangan masjid.

Sementara itu, ditulis KOMPAS TV, Lurah Ipilo Arifin Gawa mengatakan, agar Lutfi tak lagi mengemis, pihak kelurahan akan melakukan pendampingan kepadanya untuk membuka usaha kios atau kebutuhan lainnya.

Menurut Arifin, selama menjadi warga Kelurahan Ipilo ia tinggal di rumah orangtuanya. Namun, ia banyak berada di luar rumah untuk mengemis.

(Sumber: Kompas.com Editor Khairina)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com