Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengatasi Gejala Asam Urat dengan Bahan Alami

Kompas.com - 04/06/2022, 13:45 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

KOMPAS.com - Cara mengatasi gejala asam urat perlu diketahui, terutama oleh orang yang mulai merasakan tanda masalah kesehatan tersebut.

Pasalnya, penyakit asam urat perlu ditangani secepatnya, bahkan saat baru merasakan gejalanya, agar tidak semakin parah.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi gejala asam urat, salah satunya adalah dengan mengonsumsi beberapa bahan alami yang dipercaya mampu meredakan masalah kesehatan tersebut.

Asam urat yang mengkristal dan menumpuk di persendian dapat menyebabkan inflamasi dan menimbulkan sensasi nyeri di sendi.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Rabu (8/9/2021), berikut ini cara mengatasi gejala asam urat dengan bahan alami, seperti yang dilansir dari Healthline:

Baca juga: Mengenal Flu Singapura, Gejala, Penyebab, Pengobatan hingga Pencegahannya

1. Kunyit dan lemon

Mengonsumsi air kunyit dan lemon secara rutin sebanyak dua kali sehari diyakini dapat mengurangi kadar asam dalam tubuh.

Kunyit dan lemon juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, termasuk meningkatkan imun dan memperbaiki saluran pencernaan.

2. Jahe

Jahe adalah salah satu rempah yang kerap digunakan sebagai obat tradisional. Obat herbal ini dapat mencegah berbagai penyakit, termasuk asam urat.

Jahe memiliki efek antiinflamasi yang bisa meredakan gejala asam urat ketika kambuh. Selain itu, jahe juga bisa menurunkan kadar asam urat di dalam darah.

Sementara itu, untuk meredakan penyakit asam urat yang sedang kambuh, oleskan parutan jahe ke bagian yang sakit selama 15 hingga 30 menit per hari.

Baca juga: Kenali Gejala, Penyebab dan Faktor Risiko Migrain agar Tak Ganggu Aktivitas

3. Seledri

Selain kerap digunakan dalam masakan, seledri ternyata dapat dikonsumsi sebagai obat herbal untuk mengatasi masalah saluran kemih.

Asam urat berlebih akan dikeluarkan tubuh melalui ginjal. Oleh karena itu, ginjal dan saluran kemih yang sehat dapat membuat ekskresi asam urat di dalam darah lebih optimal.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com