Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab Penyakit Gagal Ginjal yang Harus Diwaspadai

Kompas.com - 21/05/2022, 17:30 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

KOMPAS.com - Ginjal adalah organ yang berbentuk seperti kacang yang berada di kedua sisi tulang belakang dan berukuran kecil.

Fungsi ginjal adalah menyaring limbah dari darah, membuat urine, dan membantu mengontrol tekanan darah Anda.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Rabu (27/10/2021), Dokter Spesialis Penyakit Dalam Primaya Hospital Pasar Kemis, Dr. Kiki Maharani, Sp.PD mengatakan, ada banyak faktor penyebab penyakit gagal ginjal.

Kiki menambahkan, faktor risiko mengidap penyakit gagal ginjal bisa semakin besar jika pasien memiliki riwayat penyakit komorbid, sehingga memicu masalah pada organ ginjal.

"Bisa jadi penyakit komorbidnya, misalnya punya penyakit diabetes atau hipertensi yang tidak terkontrol, sehingga itu bisa menyerang organ-organ seperti ginjal hingga jantung," kata dr. Kiki saat dihubungi Kompas.com, Rabu (27/10/2021).

Baca juga: 2 Penyebab Mudah Lapar Saat Cuaca Dingin

Penyebab penyakit gagal ginjal

Saat ada penyakit komorbid yang tidak terkontrol, dr. Kiki, atau penyebab lain yang berdampak pada gangguan ginjal, akan menyebabkan penyakit gagal ginjal.

Dr Kiki menjelaskan penyakit gagal ginjal terdiri dari lima stadium, dari ringan, sedang, hingga berat, dengan stadium 1 sampai stadium 5.

"Yang kemudian menyebabkan gagal ginjal sampai cuci darah itu kalau pasien sudah sampai stadium 5," ungkap dr. Kiki.

Dr. Kiki menjelaskan bahwa gangguan ginjal dapat dipastikan setelah dilakukan tes laboratoium dengan menguji urine kreatinin.

Urine kreatinin adalah indikasi untuk menentukan stadium dari masalah ginjal yang dialami pasien.

Baca juga: Kenali Penyebab Nyeri Lengan Kiri, Bisa Jadi Efek Serangan Jantung

"Kalau dari uji lab itu kreatininnya tinggi, lebih dari 10 kali, rata-rata dapat menyebabkan pasien tidak sadarkan diri," jelasnya.

Selain penyakit komorbid, penyakit ginjal atau sakit ginjal juga bisa disebabkan karena batu ginjal, yang dapat merusak ginjal.

"Mungkin batu ginjal (ukurannya) besar, akhirnya menyumbat aliran darah di ginjal, sehingga menyebabkan gagal ginjal," imbuhnya.

Penyebab sakit ginjal lainnya, yakni adanya kista ginjal. Apabila ukuran kista ginjal cukup besar, atau jumlahnya banyak, hal ini juga dapat menyebabkan gangguan pada fungsi ginjal.

Gagal ginjal juga bisa dialami oleh mereka yang mengalami kondisi post-kemoterapi. Pasien kanker yang sedang menjalani kemoterapi, dengan kondisi kanker yang telah menyebar ke banyak organ termasuk ginjal, juga bisa mengalami penyakit gagal ginjal.

Dr. Kiki menyarankan agar rutin melakukan medical check up berkala untuk menjaga kesehatan ginjal, jangan menunggu sampai ada keluhan.

"Apalagi, jika memiliki komorbid, sebaiknya rutin kontrol," pungkasnya.

(Penulis: Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas)

Sumber: KOMPAS.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com