KKN di Desa Penari Jadi Film Terlaris di Indonesia, Mengapa Orang Suka Menonton Film Horor?

Kompas.com - 21/05/2022, 10:15 WIB

KOMPAS.com - Film KKN di Desa Penari kembali mencatatkan rekor di dunia perfilman tanah air. Setelah menjadi film horor terlaris di Indonesia, kini KKN di Desa Penari resmi menjadi film Indonesia terlaris sepanjang masa.

Pada Kamis (19/5/2022), film KKN di Desa Penari telah mencapai angka 7 juta penonton. Hal itu dikonfirmasi oleh produser KKN di Desa Penari, Manoj Punjabi melalui akun Instagramnya.

"7 Juta Penonton Film “KKN Di Desa Penari” telah memaknai Hari kebangkitan Nasional," tulis produser KKN di Desa Penari, Manoj Punjabi dikutip Kompas.com dari Instagram @manojpunjabimd, Kamis, (19/5/2022).

Baca juga: Setelah 6 Tahun Jadi Film Indonesia Terlaris Sepanjang Masa, Posisi Warkop DKI Reborn Digantikan KKN di Desa Penari

Sebelumnya, status film terlaris di Indonesia sepanjang masa dimiliki oleh Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1 dengan catatan 6,8 juta penonton.

Jumlah penonton yang film KKN di Desa Penari masih sangat mungkin untuk bertambah mengingat hingga saat ini film tersebut masih tayang di bioskop-bioskop di seluruh Indonesia.

Sukses besar film KKN di Desa Penari dari segi penonton, semakin membuktikan bahwa film horor masih sangat digemari oleh masyarakat.

Tidak hanya di Indonesia, secara global, film-film bergenre horror juga banyak digemari.
Sebut saja film The Conjuring, It, maupun Scream, yang laris di pasaran hingga dibuat secara berkelanjutan atau sekuel.

Ilustrasi menonton film hororfreepik Ilustrasi menonton film horor

Alasan orang suka nonton film horor

Pertanyaan yang timbul kemudian adalah, mengapa orang begitu menyukai film horor? Ternyata hal ini berkaitan dengan psikologis seseorang.

Baca juga: Heboh Film KKN di Desa Penari, Ini Alasan Orang Suka Menonton Film Horor

Dalam riset yang dilakukan oleh Haiyang Yang, PhD, associate professor di Johns Hopkins Carey Business School, Johns Hopkins University, ada beberapa alasan orang menggemari film horor. Di antaranya:

1. Membutuhkan rangsangan

Menurut Haiyang Yang, orang cenderung menyukai film yang menakutkan seperti horor untuk mendapatkan rangsangan. Film menakutkan bisa yang menampilkan sosok hantu atau setan dan pembunuh atau psikopat.

Tindakan menakutkan yang ditampilkan di dalam film atau bahkan antisipasi dari tindakan tersebut, dapat merangsang kita — baik secara mental maupun fisik.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.