Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PPKM di Indonesia Masih Akan Berlanjut hingga Covid-19 Bisa Dikendalikan 100 Persen

Kompas.com - 14/05/2022, 07:15 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Pemerintah kembali memperpanjang kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di seluruh Indonesia. Kebijakan ini dipastikan masih akan terus dilakukan sampai Covid-19 di Indonesia benar-benar terkendali.

Hal itu ditegaskan oleh Presiden Joko Widodo. Jokowi menyebut PPKM akan tetap dilanjutkan sampai pemerintah yakin 100 persen bisa mengendalikan pandemi Covid-19.

Seperti diberitakan Kompas.com, Senin (9/5/2022), dalam sidang kabinet paripurna di Istana Negara, Jokowi sempat menanyakan kepada para menteri terkait keberlanjutan PPKM di Indonesia.

Baca juga: Jokowi Pastikan PPKM Tetap Berlanjut sampai Covid-19 Bisa Dikendalikan 100 Persen

"Saya minta untuk urusan PPKM itu juga banyak masyarakat yang menunggu, ini sudah berhenti atau masih diteruskan?," ujar Jokowi.

"Jadi tolong setelah ini disampaikan bahwa PPKM tetap berlanjut sampai betul-betul kita yakin bahwa Covid-19 ini, 100 persen bisa kita kendalikan," tegasnya.

Jokowi menambahkan, meski saat ini angka penambahan relatif rendah, kewaspadaan terhadap penularan Covid-19 tidak dilonggarkan begitu saja.

"Tetap kita harus waspada karena kasus aktif masih 6.192. Jadi di negara ini kita tetap waspadai," jelas Jokowi.

Presiden Joko Widodo saat melepas kontingen Indonesia untuk Sea Games ke-31 Tahun 2022 di Vietnam dari halaman Istana Merdeka, Senin (9/5/2022)..dok. Sekretariat Presiden Presiden Joko Widodo saat melepas kontingen Indonesia untuk Sea Games ke-31 Tahun 2022 di Vietnam dari halaman Istana Merdeka, Senin (9/5/2022)..

Tidak ada wilayah di Indonesia yang berada di PPKM level 4

Sementara itu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, PPKM diperpanjang hingga batas waktu yang belum ditentukan.

"Pemerintah juga menegaskan hingga hari ini masih dan akan terus memberlakukan aturan PPKM Jawa-Bali hingga waktu yang masih belum ditentukan. Mengikuti hasil evaluasi secara regular yang dipimpin langsung oleh presiden," ujar Luhut dalam konferensi pers evaluasi PPKM di Istana Negara, Senin (9/5/2022).

Baca juga: Luhut: PPKM Jawa-Bali Terus Diberlakukan hingga Waktu yang Belum Ditentukan

Ia menambahkan, berdasarkan level asesmen PPKM yang dilakukan oleh pemerintah hingga 7 Mei 2022, hampir seluruh kabupaten/kota di Indonesia berada di level 2 dan 1.

Hanya Kabupaten Pamekasan di Pulau Madura, Jawa Timur saja yang masih berada di Level 3 lantaran level vaksinasinya yang tidak memadai.

Lebih lanjut Luhut mengatakan, walaupun kondisi pandemi mulai membaik, pemerintah tetap melakukan akselerasi vaksinasi dosis kedua dan booster untuk seluruh wilayah Jawa-Bali yang masih tertinggal, baik dosis vaksin kedua maupun booster-nya.

Selain itu, pemerintah tetap mendorong penggunaan PeduliLindungi dan masker di tempat-tempat publik.

"Hal ini dilakukan semata-mata untuk mengurangi dampak buruk dari Covid-19 dan memberikan kekebalan bagi masyarakat," ujar Luhut yang juga menjabat sebagai Koordinator PPKM wilayah Jawa-Bali ini.

Penyekatan jalan masuk ke arah alun-alun kota Pamekasan pada Ahad (1/5/2022) membingungkan bagi pemudik yang tujuannya ke arah Kabupaten Sumenep. Penyekatan tersebut karena Pamekasan masih PPKM level 3.KOMPAS.COM/TAUFIQURRAHMAN Penyekatan jalan masuk ke arah alun-alun kota Pamekasan pada Ahad (1/5/2022) membingungkan bagi pemudik yang tujuannya ke arah Kabupaten Sumenep. Penyekatan tersebut karena Pamekasan masih PPKM level 3.

Aturan terbaru PPKM

Terkait perpanjangan pelaksanaan PPKM ini, pemerintah telah menerbitkan aturan terbaru lewat Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 24.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com