Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Luna Septalisa
Penulis di Kompasiana

Blogger Kompasiana bernama Luna Septalisa adalah seorang yang berprofesi sebagai Administrasi. Kompasiana sendiri merupakan platform opini yang berdiri sejak tahun 2008. Siapapun bisa membuat dan menayangkan kontennya di Kompasiana.

6 Kebiasaan Buruk yang Memperparah Jerawat meski Sudah Pakai "Skincare"

Kompas.com - 08/05/2022, 07:22 WIB
Kompasianer Luna Septalisa,
Farid Assifa

Tim Redaksi

Konten ini merupakan kerja sama dengan Kompasiana, setiap artikel menjadi tanggung jawab penulis dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.com

Konten ini merupakan opini/laporan buatan blogger dan telah tayang di Kompasiana.com dengan judul "6 Kebiasaan Buruk yang Memperparah Kondisi Jerawat Meski Sudah Pakai Skincare"

KOMPAS.com - Jerawat (acne vulgaris) adalah gangguan pada kulit yang biasa dialami oleh remaja dan dewasa muda.

Walaupun hanya muncul satu atau dua benjolan di wajah, tapi tetap saja mengganggu penampilan dan bisa membuat kita insecure.

Jerawat sendiri bisa terjadi ketika folikel rambut atau tempat tumbuhnya rambut tersumbat oleh sel kulit mati dan produksi minyak (sebum) yang berlebih. 

Hal tersebut akan mengakibatkan penyumbatan pori-pori kulit sehingga timbul peradangan. Peradangan ini ditandai dengan munculnya benjolan kecil yang terkadang berisi nanah pada permukaan kulit.

Baca juga: 8 Cara Mengatasi Jerawat dengan Bahan Alami

 

Jerawat dapat muncul di bagian tubuh dengan kelenjar minyak terbanyak, yaitu di wajah, leher, bagian atas dada, dan punggung.

Penyebab jerawat bermacam-macam antara lain :

1. Faktor genetik atau keturunan

Jika orangtua kita ada yang memiliki masalah jerawat, risiko untuk punya masalah jerawat juga lebih besar.

2. Masalah hormonal

Biasa terjadi pada perempuan saat sedang menstruasi atau hamil

3. Tidak cocok dengan produk make up atau skincare tertentu

Ada kalanya kulit wajah tidak cocok dengan produk make up atau skincare tertentu sehingga jerawat tetap saja muncul, bahkan bisa memperparahnya. 

4. Fakto stres

Stres dapat memengaruhi gaya hidup seseorang, termasuk pola makan dan istirahat yang berantakan sehingga memicu timbulnya jerawat

Kebiasaan buruk yang mempersulit penyembuhan jerawat

Demi mendapatkan kulit yang bersih dan mulus tanpa jerawat, kita rela merogoh kocek lebih untuk membeli berbagai produk skincare atau ditambah dengan melakukan perawatan di klinik kecantikan. Tapi semua itu akan sia-sia jika kita masih melakukan beberapa kebiasaan buruk berikut ini.

1. Tidak membersihkan make up dengan benar

Make up yang menempel di wajah dan tidak dibersihkan dapat menyumbat pori-pori sehingga menimbulkan jerawat. Membersihkan wajah sebelum tidur dengan double/triple cleansing menggunakan milk cleanser-sabun muka-toner/micellar water.

Untuk penggunaan toner, pilihlah toner dengan kandungan witch hazel yang merupakan astringen alami

Walaupun alkohol dapat membantu mengontrol minyak berlebih, namun alkohol yang terkandung dalam toner dapat mengganggu keseimbangan produksi minyak pada kulit wajah sehingga kulit jadi kering

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com