Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak 6 Tips Mudik Aman dan Nyaman Menggunakan Mobil Pribadi

Kompas.com - 23/04/2022, 14:25 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Mobil pribadi menjadi salah satu pilihan transportasi yang banyak digunakan saat mudik Lebaran.

Berdasarkan hasil survei Balitbang Kementerian Perhubungan (Kemenhub), jumlah pemudik yang menggunakan mobil pribadi di mudik Lebaran 2022 ini bisa mencapai 23 juta orang.

Menggunakan mobil pribadi untuk mudik Lebaran dibutuhkan persiapan yang baik. Hal ini dimaksudkan agar perjalanan mudik Lebaran bisa aman, nyaman, dan selamat sampai kota tujuan.

Sebab berdasarkan catatan PT Jasa Marga (Persero) Tbk, sebesar 82 persen kecelakaan sepanjang 2021 di jalan tol terjadi karena faktor pengemudi. Jumlahnya cukup signifikan, mencapai 1.345 kejadian.

Baca juga: Catat! 9 Persiapan Mudik dengan Mobil Pribadi

Karena itu penting untuk melakukan persiapan sebelum mudik naik mobil pribadi, baik itu teknis maupun non-teknis. Berikut ini adalah tips mudik aman dan nyaman dengan mobil pribadi.

Tips mudik naik mobil agar nyaman dan aman

1. Pastikan kondisi mobil dalam keadaan baik

Sebelum menggunakan mobil pribadi untuk mudik Lebaran, cek kesiapan mobil Anda apakah cukup baik untuk menempuh perjalanan jauh.

Menurut Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, Sony Susmana, ada lima aspek mobil yang harus dicek, meliputi lampu, ban, suspensi, serta cairan pada mesin seperti oli, air radiator, air aki, minyak rem, dan lainnya.

Selanjutnya, pemudik juga perlu mengecek fitur keamanan pada mobil masing-masing berfungsi dengan baik. Fitur keamanan pada mobil tersebut antara lain, air bag, alat pendeteksi titik buta (blind spot detector), sabuk pengaman (seat belt), dan lainnya.

Ilustrasi mengecek kondisi oli mesin mobil (Shutterstock/r.classen) Ilustrasi mengecek kondisi oli mesin mobil

2. Persiapkan jadwal perjalanan

Jadwal perjalanan berfungsi untuk membuat perjalanan mudik Anda lebih tertata. Jadwal perjalanan bisa meliputi rencana titik pemberhentian untuk beristirahat selama perjalanan.

Sony menyarankan, rencana perjalanan ini dibuat bersama dengan anggota keluarga lainnya yang turut serta pada mudik lebaran. “Atur jadwal perjalanan dan libatkan penumpang untuk menghindari konflik,” ujarnya kepada Kompas.com (20/04/2022).

Baca juga: Tips Mudik Aman, Ini Cara Menyalip di Jalan Tol yang Benar

3. Jangan lupa beristirahat

Kelelahan menjadi faktor utama penyebab kecelakaan saat mudik Lebaran. Karena itu, jangan memaksakan diri tetap mengemudi ketika rasa lelah datang.

“Istirahat yang berkualitas sekitar 10 (menit) hingga 30 menit. Lakukan penyegaran terhadap otot, otak, dan syaraf,” tutur Soni.

Pilih lokasi istirahat yang nyaman serta tidak mengganggu pemudik lainnya, seperti di rest area. Oleh sebab itu, penting untuk merencanakan perjalanan di awal sebelum mudik termasuk menentukan lokasi istirahat.

Usahakan untuk beristirahat atau tidur singkat setelah berkendara 2-4 jam. Ingat, keselamatan harus diutamakan.

4. Tidak membawa barang berlebihan

Muatan berlebih bisa mengganggu kenyamanan perjalanan mudik Anda. Selain itu, dari segi keamanan, membawa barang hingga melebihi muatan kendaraan berisiko bagi keamanan berkendara.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com