Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Memilih STB untuk Mendapat Siaran TV Digital

Kompas.com - 17/04/2022, 21:40 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Tidak lama lagi siaran TV analog di Indonesia akan berakhir. Sebab, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan mematikan siaran TV analog atau “Analog Switch Off” (ASO) di tahun 2022 ini.

Dengan dilakukannya ASO, siaran TV akan beralih ke siaran TV digital yang diklaim akan menghadirkan kualitas visual yang lebih baik. Namun, untuk menikmati siaran TV digital, diperlukan sebuah perangkat yakni dekoder set top box (STB).

STB merupakan sebuah alat yang dapat mengubah sinyal digital menjadi gambar dan suara, sehingga dapat ditampilkan di TV analog. Itu pengguna tidak perlu mengganti TV analog yang dimiliki, cukup mengkoneksikannya saja dengan STB.

Baca juga: Tips Memilih STB TV Digital agar Tidak Salah Beli

Perlu diperhatikan bahwa perangkat STB harus sudah mendukung DVB-T2 (Digital Video Broadcasting — Second Generation Terrestrial) yang merupakan standar TV digital di Indonesia.

Tips memilih STB TV digital

Ada beragam jenis dan merek STB yang dijual di pasaran. Agar tidak bingung memilih yang mana, berikut ini adalah tips cara memilih STB yang sudah memenuhi standar untuk menerima siaran TV digital di Indonesia.

1. Cari tanda khusus

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, perangkat STB harus sudah mendukung DVB-T2. Jadi, ketika Anda akan membeli sebuah STB, perhatikan label khusus bertuliskan DVB-T2 yang tertera di kemasan perangkat.

Pengguna juga disarankan untuk membeli STB yang sudah disertai dengan label "Siap Digital" atau yang mempunyai gambar ikon "MODI", yang merupakan maskot siaran TV digital di Indonesia.

Baca juga: Cara Pasang STB ke TV Analog buat Akses Siaran Digital

Modi, maskot siaran TV digital di Indonesia.Kominfo Modi, maskot siaran TV digital di Indonesia.

2. Cari review STB

STB merupakan perangkat elektronik. Tak jauh berbeda dengan perangkat elektronik lainnya, ada baiknya Anda melihat review produk STB yang hendak dibeli.

Saat ini review STB bisa ditemukan dengan mudah baik di blog maupun YouTube. Review yang dilihat bisa dari spesifikasi, harga, kompatibilitas, dan sebagainya.

Dengan demikian, Anda dapat memahami dan membandingkan setiap kekurangan serta kelebihan yang dimiliki oleh masing-masing STB.

3. Sesuaikan kebutuhan

Setiap STB memiliki harga dan kualitas yang berbeda. STB dengan harga yang lebih mahal, biasanya memiliki fitur yang lebih lengkap ketimbang STB biasa.

Jadi ketahui dulu kebutuhan apa yang Anda cari dari perangkat STB. Baru kemudian sesuaikan dengan dana yang Anda miliki.

Baca juga: Siaran TV Analog di Sulsel Dimatikan pada 30 April 2022, Ada STB Gratis untuk Warga Miskin

Ilustrasi migrasi dari TV analog ke TV digital. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan membagikan perangkat set top box atau STB TV digital kepada 6,7 juta keluarga miskin secara cuma-cuma.freepik.com Ilustrasi migrasi dari TV analog ke TV digital. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan membagikan perangkat set top box atau STB TV digital kepada 6,7 juta keluarga miskin secara cuma-cuma.

4. Pilih STB bersertifikat dari Kominfo

Tips memilih STB TV digital yang terakhir adalah, membeli STB yang sudah mengantongi sertifikasi dari Kominfo. Kominfo telah melakukan sertifikasi terhadap STB yang diperdagangkan di Indonesia.

Sertifikasi ini dilakukan bersama dengan Kemeterian Perdagangan (Kemendag). Masyarakat bisa mengecek sertifikasi STB di situs resmi Kominfo di alamat siarandigital.kominfo.go.id. Berdasarkan data dari situs tersebut, setidaknya ada 23 tipe STB yang sudah disertifikasi.

Berikut ini adalah daftar perangkat STB yang telah mendapatkan sertifikasi perangkat dari Kominfo:

  1. STB Akari ADS-168
  2. STB Venus Brio
  3. STB Tanaka T2
  4. STB Matrix Apple
  5. STB Evercoss STB1
  6. STB Nextron NT2000-D 
  7. STB Nextron TR 1000
  8. STB Evinix H-1 185
  9. STB Nexmedia NA1300/DVB-T2 MPEG4 HD 
  10. STB Polytron PDV 600T2
  11. STB Ichiko 8000HD
  12. STB Akari ADS-2230
  13. STB Akari ADS-210
  14. STB Evercoss STB Max 
  15. STB Evercoss STB Pro
  16. STB Evercoss STB Mini 
  17. STB Matrix CH-77
  18. STB Akari ADS-525 
  19. STB Tanaka T2
  20. STB Tanaka T2 New
  21. STB Freebox H-1
  22. STB Visio HS1685 
  23. STB Kubik Arca DVB-T2 

(Sumber:Kompas.com/Kevin Rizky Pratama | Editor: Wahyunanda Kusuma Pertiwi)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com