Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Jenis Vaksin yang Dibutuhkan untuk Orang Dewasa

Kompas.com - 17/04/2022, 07:35 WIB
Maya Citra Rosa

Penulis


KOMPAS.com - Imunisasi tidak hanya berlaku dan penting bagi anak-anak, orang dewasa juga perlu mendapatkan vaksinasi.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Pengurus Perhimpunan Alergi Imunologi Indonesia (Peralmuni) Prof Dr dr Iris Rengganis, Sp.PD-KAI dalam Konferensi Pers Pekan Imunisasi Dunia 2022, Kamis (14/4/2022).

“Perlu diketahui bahwa imunisasi masih diperlukan saat seseorang menginjak usia dewasa,” kata Iris.

Pemberian imunisasi bagi orang dewasa bertambah penting untuk melindungi populasi yang lebih baik di tengah situasi pandemi Covid-19.

Iris menjelaskan, memang sebenarnya tidak ada program wajib dari pemerintah Indonesia terkait imunisasi atau vaksinasi untuk orang dewasa, hanya ada anjuran saja.

“Sampai saat ini vaksinasi untuk orang dewasa hanya anjuran, tapi bukan program pemerintah,” kata dia.

“Diharapkan ke depannya ini (vaksinasi untuk dewasa) bisa dijadikan program pemerintah, tapi memang ini akan membutuhkan pendanaan, pematangan strategi dan lain sebagainya,” tambahnya.

Baca juga: Ini Jenis Vaksinasi untuk Orang Dewasa, dari Influenza hingga HPV

Untuk diketahui, vaksinasi atau imunisasi untuk orang dewasa ini tidak selalu sama disetiap negara. Ada negara yang mengharuskan kita untuk melakukan vaksinasi tertentu, karena kemungkinan besar ada penyakit endemik di negara tersebut yang harus dihindari.

Jenis vaksin yang dibutuhkan orang dewasa

Ada beberapa jenis imunisasi atau vaksinasi yang dianjurkan karena penting untuk diberikan pada orang dewasa, di antaranya yakni:

1. Vaksinasi influenza

Influenza adalah penyakit pernapasan menular yang disebabkan oleh virus flu atau virus influenza.

WHO merekomendasikan vaksinasi flu musiman dilakukan setiap satu tahun sekali. Sebab, kekebalan tubuh dari vaksin flu hanya bertahan setahun saja, juga mengingat biasanya strain atau tipe virus flu bisa berubah setiap tahun.

Penggunaan vaksin influenza disarankan bagi orang-orang yang rentan terkena influenza atau ingin mencegah terjadinya co-infection atau infeksi secara bersamaan antara influenza dan Covid-19, yang dapat mengakibatkan komplikasi serius.

WHO mencatat pada 2018, sekitar 3 sampai 5 juta orang di seluruh dunia terkena infeksi virus influenza berat setiap tahun. Dari jumlah tersebut, diperkirakan 290.000 hingga 650.000 orang meningal per tahunnya.

Untuk itu,vaksinasi flu selama pandemi Covid-19 sangat penting dilakukan untuk mencegah terjadinya dampak yang membahayakan.

Selama pandemi Covid-19, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan vaksinasi influenza untuk populasi rentan seperti tenaga kesehatan, lansia, anak kecil, ibu hamil dan mereka yang mengalami kondisi medis kronis tertentu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com