Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Cuti Bersama 29 April dan 4-6 Mei, Libur Nasional Idul Fitri 2-3 Mei 2022

Kompas.com - 10/04/2022, 20:45 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengumumkan tanggal hari libur nasional Idul Fitri 1443 H dan cuti bersama Lebaran 2022.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Rabu (6/4/2022), Jokowi mengatakan, hari libur nasional Idul Fitri 1443 H jatuh pada 2-3 Mei 2022, sedangkan cuti bersama pada 29 April dan 4-6 Mei 2022.

"Pemerintah telah menetapkan libur nasional hari raya Idul Fitri 1443 H pada tanggal 2 dan 3 Mei 2002, dan juga menetapkan cuti bersama Idul Fitri yaitu pada 29 April, 4, 5, dan 6 Mei 2022," kata Jokowi dalam tayangan YouTube Sekretariat Presiden.

Jokowi mengatakan, libur nasional dan cuti bersama dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk bersilaturahmi dengan orang tua, keluarga, dan kerabat di kampung halaman.

Akan tetapi, Jokowi mengimbau agar masyarakat tetap waspada dan mematuhi protokol kesehatan karena pandemi Covid-19 belum berakhir.

Baca juga: Jadwal Pemberian THR Lebaran 2022 serta Cara Menghitung Besarannya

"Segeralah melengkapinya vaksin booster, harus tetap menjalankan protokol kesehatan secara disiplin, dan selalu bermasker pada saat di tempat umum atau dalam kerumunan," ujar Jokowi.

Jumlah masyarakat Indonesia yang mudik Lebaran tahun ini diperkirakan mencapai 85 juta orang. 14 juta di antaranya berasal dari wilayah Jabodetabek.

Sementara itu, jumlah pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi diperkirakan mencapai 47 persen dari total tersebut.

"Tentunya pemerintah akan bekerja keras untuk memberikan pelayanan yang maksimal agar para pemudik bisa menjalankan perjalanan dengan aman dan nyaman," kata Jokowi.

(Penulis: Fitria Chusna Farisa)

Sumber: KOMPAS.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com