Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Link Live Streaming Final Piala AFF Futsal 2022: Indonesia Vs Thailand, Mulai Pukul 17.00 WIB

Kompas.com - 10/04/2022, 15:00 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Piala AFF Futsal 2022 sudah memasuki babak puncak. Pertandingan final yang mempertemukan timnas Indonesia dengan timnas Thailand akan digelar hari ini, Minggu (10/4/2022).

Final AFF Futsal 2022 yang diadakan di Huamark Indoor Stadium, Bangkok, Thailand itu, akan berlangsung mulai pukul 17.00 WIB.

Laga kali ini menjadi pertemuan kedua antara Indonesia dengan Thailand di ajang Piala AFF Futsal 2022. Sebelumnya, kedua tim saling berhadapan di pertandingan Grup A dengan skor berakhir imbang, 2-2.

Baca juga: Jadwal Final Piala AFF Futsal 2022, Indonesia Vs Thailand Sore Ini

Di Grup A, Thailand berhasil keluar menjadi juara grup, sementara Indonesia harus finis sebagai runner-up. Kedua tim sejauh ini sama-sama belum terkalahkan di Piala AFF Futsal 2022.

Jika dilihat dari produktivitas, Thailand bisa dibilang lebih baik dengan membukukan 38 gol. Unggul tipis atas Indonesia yang sejauh ini telah mengemas 36 gol.

Perjalanan ke final Piala AFF Futsal 2022

Timnas Futsal Indonesia berhasil melaju ke final setelah mengandaskan perlawanan Myanmar dengan skor cukup telak 6-1, Jumat (8/4/2022).

Gol-gol kemenangan Indonesia dicetak oleh Syauqi Saud, Evan Soumilena, Ardiansyah Runtuboy, Guntur Sulistyo Ariwibowo, dan Firman Ardiansyah.

Adapun satu gol balasan Myanmar tercipta hadir via skema power play yang dituntaskan oleh Hlang Min Tun.

Sementara Thailand memastikan tempat di final usai mengalahkan Vietnam dengan skor 3-1. Pemain andalan Thailand, Muhammad Osamanmusa, bersinar setelah membukukan sepasang gol ke gawang Vietnam.

Satu gol lainnya disematkan oleh kapten tim, Kritsada Wongkaeo. Vietnam hanya mampu membalas satu gol lewat aksi Nguyen Minh Tri.

Keberhasilan Indonesia dan Thailand ke final Piala AFF Futsal 2022 secara otomatis membuat kedua tim lolos ke Piala Asia Futsal 2022, yang rencananya akan berlangsung di Kuwait, September mendatang.

Baca juga: Profil Evan Soumilena, Satu-satunya Pivot Timnas Futsal Indonesia

Aksi pemain timnas Indonesia, Evan Soumilena, dalam pertandingan semifinal Piala AFF Futsal 2022 melawan Myanmar  di Hua Mark Indoor Stadium, Bangkok, Thailand, Jumat (8/4/2022) sore WIB.Dok. FFI Aksi pemain timnas Indonesia, Evan Soumilena, dalam pertandingan semifinal Piala AFF Futsal 2022 melawan Myanmar di Hua Mark Indoor Stadium, Bangkok, Thailand, Jumat (8/4/2022) sore WIB.

Rekor pertemuan Indonesia Vs Thailand di final Piala AFF Futsal

Thailand merupakan raja futsal Asia Tenggara. Tim berjuluk ‘Gajah Perang’ ini sukses meraih 15 gelar juara Piala AFF Futsal, dari 16 kali penyelenggaran.

Sejauh ini hanya Indonesia satu-satunya negara yang pernah menjadi juara Piala AFF Futsal, selain Thailand, tepatnya pada edisi tahun 2010. Namun, Garuda berjaya ketika Thailand absen karena mengikuti turnamen lain.

Di final Piala AFF Futsal, tim Garuda sudah pernah bertemu tiga kali dengan Thailand. Kali terakhir kedua tim bertemu di final adalah edisi Piala AFF Futsal 2019. Kala itu, Indonesia harus mengakui keunggulan Thailand 5-0.

Di dua edisi lainnya, yakni tahun 2006 dan 2008, Indonesia juga dikalahkan dengan skor mencolok yakni 10-3 dan 5-1.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com