Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab Orang Mengantuk setelah Makan dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 13/03/2022, 19:40 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Setelah makan dan perut terisi penuh, pernahkah Anda kerap merasa mengantuk? Jika iya, tak perlu khawatir berlebihan, sebab ini merupakan kondisi yang normal.

Selain itu, hal ini bukanlah suatu kebetulan karena ada alasan ilmiah mengapa orang bisa mengantuk setelah makan.

Melansir healthline, alasan utama seseorang bisa mengantuk setelah makan adalah karena tubuh telah menggunakan banyak energi untuk mencerna asupan yang baru dikonsumsi.

Tak pelak, seseorang jadi lelah atau ngantuk setelah makan. Selain itu, hormon insulin yang dibuat pankreas untuk mengontrol gula darah mendadak turun setelah melonjak terkena asupan.

Kondisi naik dan turunnya hormon insulin secara signifikan ini bisa membuat seseorang merasa lelah hingga akhirnya menjadi ngantuk setelah makan.

Baca juga: 6 Cara Mengatasi Ngantuk setelah Makan

Meski mengantuk setelah makan adalah suatu hal yang normal, kondisi ini bisa berubah menjadi sesuatu yang perlu diwaspadai apabila Anda sudah menjalankan gaya hidup sehat tapi masih sering merasa ngantuk berlebihan setelah makan.

Tak hanya itu, sebagian orang ada yang merasakan gejala lebih dari mengantuk setelah makan, seperti sakit kepala, susah konsentrasi, hingga lemas. Untuk kondisi ini, ada baiknya konsultasikan lebih lanjut ke dokter.

Ilustrasi menguap.PEXELS/ANDREA PIACQUADIO Ilustrasi menguap.

Faktor penyebab mengantuk setelah makan

Bukan hanya karena tubuh telah mengeluarkan banyak energi, penyebab ngantuk setelah makan juga bisa berasal dari jenis makanan yang dikonsumsi.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang bisa menyebabkan kantuk:

  1. Makanan yang dikonsumsi tinggi lemak jahat dan karbohidrat; contohnya daging merah, susu fullcream, keju, jeroan, gorengan, nasi putih, pasta, atau segala jenis makanan dan minuman manis
  2. Makan asupan tinggi asam amino triptofan; seperti ayam, susu, roti, coklat, tuna, keju, kacang tanah, oat, dll. Setelah mengonsumsi zat gizi ini, tubuh bakal mengeluarkan hormon yang membuat pikiran rileks, sehingga jadi ngantuk
  3. Makanan yang dikonsumsi cukup banyak.
  4. Semakin besar asupan yang dikonsumsi, energi yang dibutuhkan tubuh untuk mencerna makanan jadi semakin besar
  5. Efek kafein sebelumnya. Ketika Anda mengonsumsi asupan tinggi kafein seperti kopi, teh, coklat, soda dapat menstimulasi dan membuat tubuh berenergi. Selang tiga sampai lima jam, terkadang efeknya jadi lesu dan ngantuk

Baca juga: Mengantuk Setelah Makan Tanda Kamu Alami Koma Makanan

Selain jenis-jenis makanan di atas, ada beberapa kondisi yang juga bisa menyebabkan orang mengantuk setelah makan, di antaranya sebagai berikut:

  1. Kurang tidur di malam hari. Kondisi ini bisa menyebabkan Anda ngantuk berkepanjangan keesokan harinya, termasuk setelah makan
  2. Menderita beberapa penyakit tertentu. Seperti anemia, kekurangan zat besi kronis, diabetes, atau penyakit celiac Jika Anda merasa ngantuk setelah makan mengganggu aktivitas sehari-hari dan terkait suatu penyakit, ada baiknya segera berkonsultasi ke dokter.

Ilustrasi mengantuk di siang hari, penyebab mengantuk di siang hari, cara mengatasi mengantuk di siang hari.Shutterstock/fizkes Ilustrasi mengantuk di siang hari, penyebab mengantuk di siang hari, cara mengatasi mengantuk di siang hari.

Cara mengatasi ngantuk setelah makan

Mengantuk setelah makan bukanlah masalah yang tidak bisa diatasi. Ada beberapa cara sederhana yang bisa Anda coba, jika memang Anda merasa terganggu dengan rasa ngantuk setelah makan.

Baca juga: 6 Alasan Kita Mudah Ngantuk Usai Makan dan Cara Mengatasinya

Berikut adalah cara mengatasi ngantuk setelah makan:

  1. Ganti pola makan, hindari makan dengan porsi yang berlebihan. Apabila perut masih suka lapar, coba makan sedikit-sedikit dan konsumsi camilan sehat di sela-sela jam makan utama
  2. Pilih jenis makanan yang bergizi lengkap dan seimbang, minim lemak jahat, rendah gula, hindari gorengan, serta banyak mengandung serat seperti buah dan sayur
  3. Bangun pola tidur yang baik. Upayakan untuk tidur minimal tujuh jam di malam hari. Hindari begadang serta usahakan untuk selalu bangun dan berangkat tidur di jam yang sama setiap hari
  4. Setelah makan jangan langsung tidur, upayakan untuk jalan kaki ringan, cuci piring, atau bersih-bersih agar tidak ngantuk
  5. Minum banyak air putih untuk menjaga tingkat hidrasi tubuh
  6. Coba bangun rutinitas olahraga, setidaknya dua kali seminggu

Apabila setelah mencoba cara-cara di atas, masalah mengantuk setelah makan masih sulit diatasi, ada baiknya untuk berkonsultasi lebih lanjut ke dokter.

Namun sebelum berkonsultasi ke dokter, catat makanan dan minuman yang dikonsumsi selama minimal seminggu. Selain itu, sertakan juga bagaimana pola tidur belakangan, aktivitas fisik, dan olahraga yang dijalani.

(Sumber:Kompas.com/Mahardini Nur Afifah | Editor: Mahardini Nur Afifah)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com