Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Soal Klaim Ikut Paris Fashion Week hingga Permintaan Maaf Brand Indonesia

Kompas.com - 13/03/2022, 09:45 WIB
Maya Citra Rosa

Penulis


KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, viral sejumlah brand asal Indonesia berbondong-bondong datang ke Paris, Perancis, untuk mengikuti pekan mode paling bergengsi, Paris Fashion Week (PFW) 2022.

Namun ternyata, sejumlah brand yang datang ke Paris itu bukan bagian dari Paris Fashion Week 2022. Brand-brand tersebut tidak terjadwal tampil di rundown acara PFW.

Hal ini diungkap oleh pemerhati fesyen dan desainer parfum, Lucky Heng dalam akun Instagramnya.

Lucky mengungkapkan, brand-brand lokal tersebut memiliki acara sendiri, yang dihelat berbarengan dengan jadwal PFW di Paris. Dia lantas menyebut penyelenggara membodohi masyarakat.

"Singkat cerita, ini adalah brand-brand yang melakukan show di Kota Paris. Pada jadwal, yang bertepatan dengan tanggal Paris Fashion Week official. Just 'A show in Paris.'BUT NOT on 'Paris Fashion Week'," ucap Lucky Heng dikutip Kompas.com, Selasa (8/3/2022).

Penjelasan soal Paris Fashion Show

Baca juga: Minta Maaf, Brand Lokal HMNS Akui Salah Klaim Tampil di Paris Fashion Week

Ketua Bakominfo Gekrafs Ifan Seventeen memberikan penjelasan terkait kehebohan tersebut. Dia menyebut adanya kesalahan informasi dari merek-merek Indonesia yang terbang ke Paris dalam penyampaian kepada influencer hingga artis yang diajak.

"Karena banyaknya para antusias dan para pecinta fashion dari seluruh penjuru dunia yang berangkat ke Paris untuk menonton, maka di sekitaran event Paris Fashion Week dari FHCM itu banyak banget event-event fashion show juga," kata Ifan Seventeen di akun Instagram @ifanseventeen.

"Dan di tahun ini Gekrafs juga Kemenpar itu mengajak brand-brand yang memang menurut kami kompeten untuk berangkat ke sana. Jadi brand-brand yang non-fashion bisa berkolaborasi dengan para desainer untuk diberangkatkan ke sana," kata Ifan.

Di sini Ifan juga menegaskan bahwa merek-merek tersebut memang bukan bagian dari Paris Fashion Week yang diselenggarakan FHCM.

Karena nama Paris Fashion Week sudah dipatenkan, maka yang paling aman sebutan namanya adalah Gekrafs Paris Fashion Show during Paris Fashion Week.

Hanya dua brand Indonesia yang masuk PFW

Klaim beberapa brand lokal tampil di PFW tersebut dibantah, hal ini karena hanya dua brand asal Indonesia yang mendapatkan undangan dalam ajang fashion internasional itu.

Dua brand tersebut yang masuk PFW 2022 adalah Jewel Rocks dan Sean Sheila.

Permintaan maaf brand Indonesia

Kegaduhan tentang tampil di Paris Fashion Week atau Paris Fashion Show, sejumlah brand meminta maaf.

Salah satu brand parfum HMNS meminta maaf karena sudah melabeli ikut serta dalam ajang Paris Fashion Week namun tampil dalam ajang fashion show di Paris.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com