Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membantu Kucing Melahirkan dan Tanda-tandanya

Kompas.com - 13/02/2022, 17:49 WIB
Maya Citra Rosa

Penulis


KOMPAS.com - Saat kucing hendak melahirkan, Anda harus mengetahui tanda-tanda kucing melahirkan dan membantunya.

Seperti mamalia pada umumnya, kucing berkembang-biak dengan cara kawin, hamil, dan melahirkan.

Secara naluriah, kucing betina bisa menjalani persalinan tanpa bantuan apa pun. Namun bagi pemilik kucing yang piaraannya tengah menjalani kehamilan pertama, proses persalinan perdana bisa menjadi sesuatu yang mendebarkan.

Oleh karena itu, pemilik kucing perlu mengetahui sejumlah hal berikut ini, agar proses persalinan bisa berlangsung lancar dan tidak menimbulkan kendala.

Tanda-tanda kucing akan melahirkan

Baca juga: Kenali Tanda-tanda Kucing Akan Melahirkan dan Cara Membantunya

Melansir The Spruce Pets, masa kehamilan kucing sekitar 60 hari. Setelah itu, akan ada sejumlah tanda yang menunjukkan bahwa kucing akan segera melahirkan, antara lain:

1. Mencari tempat nyaman

Satu atau dua hari sebelum melahirkan, kucing akan mencari tempat yang nyaman, aman, dan tenang untuk melahirkan. Biasanya, kucing akan bersembunyi di bawah dipan, atau di dalam lemari.

2. Mulai gelisah

Menjelang waktu persalinan, kucing akan mulai mondar-mandir dengan gelisah, terengah-engah, dan menjilat-jilat tubuhnya secara berlebihan, terutama di area alat kelaminnya.

Selain itu, kucing juga akan sering mengeong dan mulai kehilangan nafsu makan.

3. Puting susu menonjol

Selain perubahan perilaku, kucing yang akan melahirkan juga memperlihatkan sejumlah perubahan fisik, salah satunya puting susunya akan lebih menonjol, membesar, dan berubah warna menjadi lebih cerah atau gelap.

4. Kontraksi mulai terlihat

Saat akan melahirkan, kucing akan tampak mengalami kontraksi atau gerakan rahim untuk mendorong bayinya keluar.

Kontraksi ini dapat membuat kucing mengeong kesakitan, dan terkadang juga diikuti dengan keluarnya darah atau cairan lain.

Cara persiapkan persalinan kucing

Kucing biasanya akan memilih tempat yang tersembunyi untuk melahirkan. Meski demikian, pemilik kucing bisa membantu menyiapkan tempat tersebut agar persalinan berjalan lancar.

Ada sejumlah barang yang bisa dipersiapkan, yaitu:

  1. Kardus: Masukkan kucing yang akan melahirkan ke dalam kardus yang cukup besar, dan letakkan di tempat yang dirasa aman. Kardus berfungsi agar kucing melahirkan anak-anaknya di satu tempat, dan tidak terpisah-pisah.
  2. Handuk/kain: Lapisi kardus dengan handuk atau kain bersih yang tidak terpakai. Handuk bisa memberikan rasa hangat yang dapat membuat kucing lebih rileks, dan menstimulasi persalinan.

Proses persalinan kucing

Baca juga: Mengapa Lidah Kucing Kasar tapi Lidah Anjing Tidak? Ternyata Ini Alasannya

Melansir laman PDSA, badan amal kedokteran hewan di Inggris, kucing akan mengalami kontraksi kuat begitu proses persalinan dimulai.
Berikut adalah sejumlah hal yang perlu diperhatikan, saat kucing mulai melahirkan:

  • Anak kucing pertama biasanya lahir dalam waktu 30 menit setelah mulai mengejan, dan anak kucing berikutnya akan lahir setiap 10-60 menit
  • Anak kucing biasanya lahir di dalam selaput tipis, yang harus dirobek induk kucing, agar mereka bisa bernapas
  • Untuk setiap anak kucing yang lahir, induk kucing juga akan mengeluarkan ari-ari/plasenta.
  • Plasenta biasanya keluar sekitar 15 menit setelah setiap anak kucing lahir, tetapi tidak selalu keluar dalam urutan yang sempurna, terkadang beberapa anak kucing lahir sebelum plasenta mereka keluar.
  • Jika memungkinkan, hitung plasenta saat dikeluarkan sehingga Anda dapat memberi tahu dokter hewan jika ada plasenta yang tertinggal, karena dapat meningkatkan risiko infeksi.
  • Anak kucing lahir dengan kepala lebih dulu, tetapi anak kucing yang lahir dengan ekornya lebih dulu juga termasuk normal, meski mungkin membutuhkan waktu lebih lama.
  • Di antara setiap kelahiran anak kucing, induk kucing harus tetap nyaman, dan sebisa mungkin menjilati serta memberi makan bayinya.
  • Biasanya dibutuhkan waktu 4-16 jam untuk semua anak kucing dilahirkan, tetapi bisa lebih lama.
  • Hal yang sangat penting, segera hubungi dokter hewan jika induk kucing telah mengejan selama 20-30 menit tanpa melahirkan anak kucing, atau menangis kesakitan.

(Sumber: Kompas.com Penulis Rizal Setyo Nugroho | Editor Rizal Setyo Nugroho)
iOS: https://apple.co/3hXWJ0L

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com