Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Hentikan Perilaku Kucing Buang Air Sembarangan

Kompas.com - 12/02/2022, 08:11 WIB
Artika Rachmi Farmita

Penulis

KOMPAS.com - Memelihara kucing di rumah sama artinya dengan menjaga kesehatan dan perilakunya.

Hewan peliharaan satu ini mungkin pernah berulah di rumah Anda, misalnya kucing buang air kecil sembarangan di lantai, pakaian, tempat tidur, karpet, atau dinding.

Tentunya ini menyebalkan, karena menyebabkan kotor dan bau tidak sedap.

Ada berbagai alasan kucing kencing di berbagai permukaan di rumah. Penyebabnya bisa berupa sesuatu yang bersifat lingkungan seperti menandai dirinya sebagai hewan peliharaan baru di rumah, atau fisik seperti penyakit.

Dikutip dari Family Handyman, kucing memiliki banyak cara untuk meninggalkan pesan satu sama lain.

"Dan salah satunya adalah melalui penandaan urine,” menurut American Society for the Prevention of Cruelty to Animals (ASPCA), Jumat (28/1/2022).

Dengan penandaan urine, seekor kucing memberi tahu kucing lain tentang kehadirannya.

"Kucing seperti menyatakan properti apa yang dimilikinya, berapa lama dia berada di area tersebut dan, seiring waktu, kapan kucing lain dapat mengharapkannya untuk kembali," imbuh lembaga tersebut.

Untuk menghentikan kebiasaan kucing kencing sembarangan di karpet atau permukaan lainnya di rumah, berikut beberapa caranya:

Baca juga: Benarkah Kucing Memiliki Rasa Sayang terhadap Tuannya?

1. Tambahkan jumlah kotak pasir kucing

Jika kucing Anda adalah hewan peliharaan di dalam dan di luar ruangan, menambahkan kotak pasir dapat membantu. Jika kucing Anda benar-benar di dalam ruangan dan sudah menggunakan kotak pasir, ada ide alternatif lain yang dapat dicoba.

Membersihkannya lebih sering mungkin memperbaiki masalah. Jika ide-ide itu tidak berhasil, ganti pasir kucing dengan yang memiliki aroma yang lebih ringan.

Anda juga dapat membeli kotak pasir baru yang lebih besar atau lebih kecil, menambahkan lebih banyak kotak pasir kucing, atau memindahkan yang sekarang ke ruangan lain di rumah.

Baca juga: Wajib Tahu, Ini Tanda-tanda Kucing Bahagia dan Tidak Nyaman

2. Pisahkan kucing

Jika Anda memiliki banyak kucing, langkah pertama yang paling mudah untuk menghentikan kucing buang air kecil di dalam ruangan adalah dengan menyimpannya di area terpisah di rumah.

Mungkin juga membantu mengidentifikasi kucing mana yang kencing di karpet.

Bergantung pada ukuran dan tata letak rumah Anda, memisahkannya mungkin lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Pagar ruangan untuk hewan peliharaan dapat membantu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com