Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tanda Kucing Merasa Bosan dan Kesepian

Kompas.com - 12/02/2022, 10:30 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

KOMPAS.com - Meski kucing dikenal sebagai hewan yang dapat hidup sendiri atau tidak berkelompok, namun kucing pun dapat merasa bosan dan kesepian.

Saat kucing merasa bosan dan kesepian, hewan berbulu itu pun akan menunjukkannya dengan berbagai perilaku.

Dilansir dari akun Instagram @makinpahamkucing melalui KOMPAS.com, berikut ini ciri-ciri kucing merasa bosan dan kesepian:

1. Mengeong terus-menerus

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Rabu (2/2/2022), memang terdapat banyak faktor yang membuat kucing terus mengeong.

Akan tetapi, jika kucing mengeong terus-menerus dengan nada rendah, bisa jadi karena ia sedang merasa bosan dan kesepian.

Baca juga: Video Viral Bek West Ham Kurt Zouma Tendang Kucing Sambil Tertawa

Kucing mengeong terus-menerus adalah cara untuk menarik perhatian, sekaligus memberitahu bahwa ia sedang bosan dan kesepian.

Oleh karena itu, pemilik kucing harus segera menghampiri dan menemani saat kucing mengeong terus-menerus dengan nada rendah.

2. Lebih manja

Saat kucing menjadi lebih manja daripada biasanya, bisa jadi kucing itu sedang memberi tanda bahwa ia sedang merasa bosan dan kesepian.

Selain itu, jika kucing tiba-tiba lari menghampiri dan tidur di pangkuan pemiliknya, kemudian ia terus menempel, itu pun dapat menjadi tanda bahwa ia sedang bosan dan kesepian.

3. Self grooming secara berlebihan

Kucing memang kerap melakukan self grooming (perawatan diri) agar tubuh dan penampilannya tetap bersih.

Baca juga: Kenapa Menarik Ekor Kucing Berbahaya? Ini Penjelasannya

Akan tetapi, jika kucing lebih sering melakukan self grooming dari biasanya, bisa jadi karena ia sedang merasa bosan dan kesepian.

4. Buang air sembarangan

Jika kucing yang terbiasa buang air di kotak pasir tiba-tiba membuang kotorannya di tempat lain, itu pun dapat menjadi tanda bahwa ia sedang dilanda bosan dan kesepian.

5. Menjadi lebih pemarah

Tanda lain yang menunjukkan kucing sedang bosan dan kesepian adalah ketika ia tiba-tiba suka merusak barang atau sikapnya berubah menjadi pemarah.

(Penulis: Abdul Haris Maulana)

Sumber: KOMPAS.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com