Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadwal dan Link Streaming Piala AFF 2020, Laga Penentuan Indonesia Vs Malaysia

Kompas.com - 19/12/2021, 16:00 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Timnas Indonesia akan menghadapi Malaysia di laga penentuan Grup B Piala AFF 2020. Kedua tim akan bertarung habis-habisan untuk berebut tiket menuju babak semifinal Piala AFF 2020.

Pertandingan antara Timnas Indonesia vs Malaysia akan digelar di National Stadium, Singapura, hari ini, Minggu (19/12/2021), pukul 19.30 WIB.

Timnas Indonesia yang saat ini berada di puncak klasemen Grup B memiliki peluang lolos yang lebih besar ketimbang Malaysia.

Pasukan Garuda berhasil mengumpulkan 7 poin dari 3 laga di Grup B. Sementara Malaysia harus puas mengumpulkan 6 poin, hasil dari dua kali menang dan satu kali kalah.

Di sisi lain, Vietnam yang juga telah mengoleksi 7 poin dari 3 laga, akan menjalani pertandingan terakhir di Grup B melawan Kamboja.

Baca juga: Link Live Streaming Timnas Indonesia Vs Malaysia, Penentu ke Semifinal Piala AFF!

Dengan kondisi tersebut, Indonesia sejatinya hanya perlu hasil imbang melawan Malaysia untuk memastikan tempat di semifinal. Kendati begitu, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong enggan menganggap remeh pasukan Harimau Malaya.

“Memang banyak yang bicara Indonesia paling unggul di grup kami dan bisa lolos ke semifinal," ujar Shin Tae-yong.

"Tetapi, kita tidak tahu bagaimana situasi pertandingan bisa berubah. Saya sudah tegaskan kepada pemain agar tidak lengah."

Shin menuturkan, Timnas Indonesia akan berusaha melakukan yang terbaik di setiap pertandingan dengan mentalitas yang kuat.

"Jika mental diperkuat, pastinya bisa mendapatkan hasil yang bagus melawan Malaysia tim yang lebih bagus," tuturnya menjelaskan.

Di sisi lain, pelatih Timnas Malaysia Tan Cheng Hoe, tidak menampik tekanan yang dihadapi timnya lebih besar jelang laga kontra Indonesia.Namun, Tan Cheng Hoe juga menilai ini adalah tantangan bagi skuad Harimau Malaya.

Untuk itu Ia mendorong anak asuhnya agar dapat menghadapi tekanan tersebut dengan kuat dan fokus demi hasil terbaik.

Baca juga: Daftar Pemain Asing di Skuad Timnas Indonesia dan Malaysia, Garuda Lebih Banyak

"Ini akan menjadi tantangan dan para pemain harus bangkit untuk menghadapinya," kata Tan Cheng Hoe.

"Mereka harus menghadapi tekanan dan tim Indonesia berbeda (karena pelatih dan pemain baru), tetapi kami harus memainkan permainan kami dan fokus pada kerja tim serta spirit dalam skuad. "

Skuad tim nasional Indonesia saat melawan Vietnam pada pertandingan Piala AFF 2020 di Stadion Bishan, Singapura, Rabu (15/12/2021).  SUHAIMI ABDULLAH/AFP Skuad tim nasional Indonesia saat melawan Vietnam pada pertandingan Piala AFF 2020 di Stadion Bishan, Singapura, Rabu (15/12/2021).

Bayang-bayang hasil buruk di Piala AFF 2012

Indonesia bukan kali pertama berhadapan dengan Malaysia di laga penting Piala AFF. Kedua tim pernah bertemu di babak semi final hingga final.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com