Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kegunaan Mode Dry pada AC, Sudah Tahu?

Kompas.com - 28/11/2021, 21:59 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

KOMPAS.com - AC berfungsi untuk menyejukkan atau mendinginkan ruangan. Untuk mendukung fungsi tersebut, AC dilengkapi dengan berbagai fitur. Salah satunya, mode dry atau mode kering.

Mode dry ini bisa dilihat pada remote AC dengan lambang tetesan air dan adanya garis pada tengahnya. Lantas, apa fungsi moder dry tersebut?

Dilansir dari beberapa sumber melalui Kompas.com, Kamis (25/12/2021), inilah beberapa kegunaan mode dry pada AC.

Mengontrol kelembapan udara

Fungsi utama mode dry yang terdapat pada AC adalah mengontrol kelembapan udara yang bekerja sebagai dehumidifier. Mode dry ini cocok digunakan saat turun hujan.

Pasalnya, kelembapan udara di dalam ruangan saat hujan menjadi sangat tinggi. Dengan mode dry, kelembapan ruangan terjaga dan ruangan tetap dingin dan kering.

Baca juga: Ingin Menghemat Daya Listrik Saat Pakai AC? Ini Caranya

Menghemat listrik

Menggunakan mode dry pada AC dapat menurunkan daya listrik yang dibutuhkan AC saat menyala. Pasalnya, saat menggunakan mode dry, kompresor dan kipas AC bekerja lebih rendah.

Dengan demikian, daya listrik yang dibutuhkan juga rendah sehingga tagihan listrik yang harus dibayar pun menjadi lebih sedikit meski menggunakan AC.

Bermanfaat bagi lingkungan

Seperti yang sudah disebutkan, menggunakan mode dry dapat menghemat listrik. Dengan demikian, hal ini dapat memberikan dampak positif pada lingkungan.

Menjaga AC agar tidak mudah rusak

Saat menggunakan mode dry, komponen pada AC, seperti kompresor dan kipas, bekerja lebih rendah sehingga komponen pada AC menjadi tidak mudah rusak.

Dengan demikian, pemilik AC tidak perlu terlalu sering menggunakan jasa service AC, apalagi membeli AC baru.

(Penulis: Abdul Haris Maulana | Editor: Esra Dopita Maret)

Sumber: KOMPAS.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com