Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kejujuran Halimah, Petugas Cleaning Service yang Temukan Dompet berisi Cek Rp 35,5 miliar

Kompas.com - 31/10/2021, 05:50 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Sosok Halimah (29), seorang petugas cleaning service di Bandara Soekarno-Hatta, kini tengah ramai menjadi perbincangan karena kejujurannya.

Jumat (29/10/2021), Halimah yang tengah bekerja, tidak sengaja menemukan sebuah dompet berwarna cokelat.

Dompet yang diduga milik seorang penumpang itu ditemukan Halimah di area Central Corridor Departure Terminal 2E Bandara Soekarno-Hatta.

Tanpa berpikir panjang, Perempuan yang menjabat sebagai Team Leader Cleaning Service Terminal 2 tersebut langsung melaporkan temuannya kepada Supervisor Aviation Security (Avsec) yang bertugas itu.

Baca juga: Petugas Cleaning Service Bandara Soekarno-Hatta Temukan Dompet Berisi Cek Senilai Rp 35,5 Miliar di Terminal 2E

Halimah tidak mengetahui apa isi dari dompet tersebut karena ia sama sekali tidak memeriksanya.

Ketika dompet tersebut diperiksa, petugas Avsec, di dalamnya terdapat 5 buku tabungan berbagai bank, paspor, dan dua lembar cek, yang mana salah satunya bernilai Rp 35,5 miliar.

"Besar atau kecil nilai barang, selama itu bukan milik kami, maka sudah jadi kewajiban bagi petugas di lapangan untuk melaporkannya," kata Halimah di Bandara Soekarno-Hatta, dilansir Tribun Jakarta.

PT Angkasa Pura Solusi mengapresiasi kejujuran Halimah. Corporate & Marketing Communication Manager Angkasa Pura Solusi Virgiawan mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi kejujuran dari petugas cleaning service tersebut.

"Kami sangat mengapresiasi sekali. Semoga prinsip amanah yang dipegang teguh Halimah dapat memotivasi rekan-rekan lain untuk senantiasa menjunjung tinggi integritas dalam bekerja serta amanah," ucap Virgiawan.

Ia menambahkan berujar, pemilik dompet yang jatuh tersebut dapat menghubungi call center Bandara Soekarno-Hatta di nomor 138.

Baca juga: Video Viral Buaya Masuk Rumah Warga, Begini Ceritanya

Mendapat promosi jabatan

Buah dari kejujuran Halimah, PT Angkasa Pura Solusi memberikan kenaikan pangkat kepadanya. Hal itu disampaikan oleh Toyib Fanani, General Manager Wilayah 1 Angkasa Pura Solusi.

Toyib menuturkan, bentuk apresiasi yang diberikan kepada Halimah adalah kenaikan pangkat menjadi supervisor.

“Sangat mengapresiasi. Kemudian tentu ada yang bentuknya finansial, itu untuk jangka pendek, dan yang lebih penting untuk jangka panjang, saya sudah janjikan bahwa dari jabatan sekarang Team Leader menjadi supervisor. Dia naik satu tingkat, atas kejujuran dan dedikasinya,” ujar Toyib dilihat dari tayangan video KompasTV, Sabtu (30/10/2021).

Baca juga: Syarat Terbaru Terbang dari Bandara Soekarno-Hatta: Tes PCR 3x24 Jam

Lebih lanjut Toyib mengatakan, kenaikan pangkat Halimah akan segera diproses secepatnya. Menurutnya, kejujuran yang ditunjukkan oleh Halimah sangat perlu untuk diapresiasi.

Selain itu, ia apa yang ditunjukkan oleh Halimah bisa menjadi teladan bagi pegawai lainnya.

“Terhadap teman-teman dan tim yang lain, ini kemudian (dapat) menjadi role model dan (semoga) bisa menginspirasi teman-teman yang lain,” pungkas Toyib.

(Sumber:Tribun Jakarta/Ega Alfreda, KompasTV)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com