Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Buka Semua Channel IndiHome Sebagai Ganti Rugi Gangguan Internet

Kompas.com - 27/09/2021, 16:25 WIB
Farid Assifa

Penulis

KOMPAS.com - Pelanggan IndiHome akhirnya mendapatkan ganti rugi gangguan internet akibat jaringan optik mengalami masalah.

Ganti rugi tersebut bukan pengurangan tagihan sebagaimana yang diinginkan sebagian besar pelanggan, melainkan dibukanya semua saluran atau channel IndiHome TV.

Kompenasasi itu mulai dibuka sejak Minggu, 26 September hingga 15 Oktober 2021.

"Untuk aktivasi pembukaan all-channel, pelanggan hanya perlu melakukan restart STB (set top box)," kata Vice President Marketing Management Telkom, E Kurniawan dilansir Kompas.com, Senin (27/9/2021).

Baca juga: Ganti Rugi Pelanggan, Telkom Resmi Buka Semua Channel IndiHome

Selain itu, pelanggan juga mendapat kompensasi lainnya berupa penundaan pembayaran tagihan yang semula 20 September menjadi 25 September kemarin. Pihak Telkom juga menghapus denda keterlambatan pembayaran tagihan.

Cara buka semua channel Indihome

Berdasarkan pantauan Kompas.com, pembukaan semua channel IndiHome secara gratis itu diberitahukan melalui email pelanggan.

Namun dalam email itu, Telkom menyebutkan bahwa itu merupakan bagian dari program loyalty gratis.

Bagi pelanggan IndiHome, berkut langkah-langkah membuka semua channel IndiHome TV:

1. Matikan set top box (STB) Anda.

2. Cabut adaptor atau kabel dari colokan listrik

3. Colokkan kembali kabel STB ke listrik

4. Nyalakan kembali STB IndiHome

5. Semua channel Indihome TV terbuka untuk ditonton gratis.

Beberapa saluran yang dibuka itu adalah movie atau film. Mulai dari HBO, Thriller, Fox Family Movies, Fox Action Movies dan lainnya.

Gangguan optik

Sebelumnya, internet IndiHome mengalami gangguan dan kejadian itu merata di sejumlah titik di wilayah Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Pulau Natuna, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

Gangguan itu disebabkan oleh masalah pada kabel bawah laut Jawa Sumatera dan Kalimantan (Jasuka), tepat di ruas Batam-Ponianak.

Selain menyebabkan kapasitas jaringan IndiHome down, masalah itu juga mengakibatkan internet pada operator Telkomsel terganggu.

"Gangguan teridentifikasi berasal dari titik sekitar 1,5 km lepas pantai Batam pada kedalaman 20 meter di bawah permukaan laut," kata Vice President Corporate Communication Telkom, Pujo Pramono, dalam pernyataan resmi.

Baca juga: Pelanggan IndiHome Dapat Ganti Rugi Gangguan Internet, Apa Saja?

Menurut Pujo, Telkom sedang berusaha untuk memperbaikinya. Namun proses perbaikan bisa berlangsung selama sebulan. Sementara Kurniawan mengatakan, selama proses perbaikan dilakukan, Telkom mengalihkan routing layanan ke jaringan lain. (Kompas.com/ Penulis: Muhammad Idris/ Editor: Muhammad Idris)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com