Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Penyebab Umum Mengapa Beberapa Orang Sulit Memiliki Teman

Kompas.com - 15/05/2024, 09:45 WIB
Muhammad Zaenuddin

Penulis

KOMPAS.com - Teman dapat diartikan sebagai seseorang yang memiliki hubungan sosial dengan Anda dalam bentuk ikatan interpersonal pada taraf keintiman tertentu.

Biasanya ikatan tersebut yang lebih kuat daripada sekedar kenalan. Contohnya adalah tetangga, teman kelas, atau rekan kerja.

Beberapa orang bisa dengan mudah mendapatkan teman dan menjadi akrab dengan orang lain, sementara sebagian lain cukup kesulitan untuk membentuk ikatan sosial.

Memiliki sedikit atau tidak punya teman menjadi kekhawatiran tersendiri bagi beberapa orang karena dapat mendorong perasaan kesepian.

Dan perasaan kesepian dalam jangka waktu yang lama dapat berdampak negatif pada kesehatan mental, seperti depresi.

Baca juga: Bahaya Kesepian terhadap Kesehatan Fisik dan Mental


Ada banyak alasan mengapa seseorang kesulitan mendapatkan teman. Beberapa di antaranya adalah:

1. Kecemasan sosial

Dilansir dari laman Verywell Mind, memiliki gangguan kecemasan sosial bisa menjadi salah satu faktor yang membuat seseorang lebih sulit mendapatkan teman.

Misalnya seorang introvert yang lebih menyukai kesendirian, kemungkinan kesulitan atau tidak tahu di mana mencari teman baru.

2. Harapan tinggi

Orang mungkin memberikan banyak tekanan pada diri mereka sendiri untuk menjadi populer dan memiliki banyak teman, berimbas pada kesulitan untuk menjalin pertemanan.

Jangan terlalu fokus untuk memiliki banyak teman. Kadang, yang diperlukan hanyalah beberapa orang teman untuk mendapatkan manfaat psikologis dari persahabatan berkualitas.

Baca juga: 7 Alasan Mengapa Kesepian Jadi Ancaman Kesehatan Global

3. Media sosial

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa peningkatan penggunaan media sosial mungkin berperan membuat seseorang sulit memiliki teman.

Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang menghabiskan lebih banyak waktu di media sosial juga cenderung mengalami lebih banyak kesepian dan depresi.

4. Takut akan penolakan

Dalam hal mencari teman baru, salah satu kendala terbesarnya adalah beberapa orang sangat takut ditolak, menurut laman Psych Central.

Banyak orang mengalami kecemasan pada tingkat tertentu ketika bertemu orang baru. Ini bisa berasal dari rasa takut ditolak atau dihakimi oleh orang lain.

Baca juga: Apakah Minum Teh Bisa Membantu Mengatasi Stres dan Depresi?

5. Asumsi semua orang sudah mempunyai teman

Faktor lain adalah karena adanya perasaan bahwa semua orang sudah memiliki teman mereka sendiri, sehingga cenderung menghindar untuk membuat hubungan sosial.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com