Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dampak Negatif Seseorang yang Merasa Kesepian

Kompas.com - 05/10/2023, 16:15 WIB
Muhammad Zaenuddin

Penulis

KOMPAS.com - Secara umum, orang-orang mendefinisikan kesepian sebagai keadaan menyendiri atau sedang sendirian.

Namun faktanya, kesepian sebenarnya adalah keadaan pikiran yang menyebabkan orang merasa hampa, merasa sendiri, dan tidak diinginkan.

Orang yang kesepian sering kali mendambakan kontak antarmanusia, tetapi keadaan pikiran mereka membuat mereka lebih sulit menjalin hubungan dengan orang lain.

Dilansir dari laman Verywell Mind, kesepian berbeda dengan kesendirian atau kondisi di mana Anda sedang menyendiri.

Baca juga: Dampak Negatif Insomnia terhadap Kesehatan Mental

 

Kesepian ditandai dengan perasaan terisolasi meski menginginkan hubungan sosial. Ini sering dipersepsikan sebagai pemisahan yang tidak diinginkan, penolakan, atau diabaikan oleh orang lain.

Sedangkan kesendirian bersifat sukarela. Beberapa orang senang menghabiskan waktu sendirian, namun tetap memelihara hubungan sosial positif.

Mereka tetap menghabiskan waktu bersama orang lain, namun interaksi tersebut diimbangi dengan jangka waktu untuk sendirian.

Kesepian adalah emosi universal manusia yang kompleks dan unik pada setiap individu. Para peneliti berpendapat bahwa kesepian dikaitkan dengan isolasi sosial, keterampilan sosial yang buruk, introvert, dan depresi.

Seseorang yang merasa kesepian, tidak harus ketika sedang menyendiri. Ia bisa merasa kesepian meskipun dikelilingi oleh orang lain di sekitarnya.

Baca juga: 5 Dampak Negatif Membandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain

Dampak negatif kondisi kesepian

ilustrasi dampak buruk kesepian bagi fisik dan mental.Unsplash/Sam Moghadam Khamseh ilustrasi dampak buruk kesepian bagi fisik dan mental.

Kesepian mempunyai berbagai macam dampak negatif, baik terhadap kesehatan fisik maupun mental. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Penyalahgunaan alkohol dan obat-obatan
  • Perubahan fungsi otak
  • Perkembangan penyakit alzheimer
  • Perilaku antisosial
  • Penyakit kardiovaskular dan stroke
  • Penurunan daya ingat dan pembelajaran
  • Depresi dan keinginan untuk mengakhiri hidup
  • Peningkatan tingkat stres
  • Pengambilan keputusan yang buruk.

Baca juga: Manfaat Positif Bersepeda untuk Menurunkan Kolesterol Jahat

Orang dewasa yang kesepian juga cenderung lebih sedikit berolahraga, memiliki pola makan tinggi lemak, dan tidur yang kurang efisien

Kesepian juga mengganggu regulasi proses seluler jauh di dalam tubuh, sehingga membuat orang yang kesepian rentan mengalami penuaan dini.

Sejalan dengan itu, dilansir dari laman Australian Institute of Professional Counsellors, seseorang yang merasa kesepian memiliki pola tidur dan makan yang buruk.

Hal tersebut kemudian berpengaruh terhadap penurunan proses pemulihan tubuh, sehingga mereka lebih rentan terhadap penyakit atau menjadi sakit karena stres.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com