Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Reaksi Sejumlah Pemimpin Dunia terhadap Serangan Iran ke Israel

Kompas.com - 15/04/2024, 13:49 WIB
Alicia Diahwahyuningtyas,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Serangan rudal dan drone Iran yang diluncurkan ke Israel pada Sabtu (13/4/2024) telah mendapat banyak sorotan dari sejumlah pemimpin negara di dunia.

Dikutip dari Economic Times, beberapa negara seperti Argentina, Kanada, Uni Eropa mengutuk serangan Iran ke Israel pada hari Sabtu malam.

Sementara itu, beberapa negara seperti Mesir, China, dan Kolumbia diperingatkan bahwa serangan tersebut akan semakin menjangkau kestabilan di Timur Tengah.

Selain negara-negara di atas, beberapa negara lain juga turut menyatakan menyatakan mereka dan memberikan reaksi atas serangan Iran ke Israel pada Sabtu (13/4/2024) malam.

Baca juga: 4 Potensi Dampak Serangan Iran ke Israel bagi Perekonomian Indonesia

Reaksi dunia terhadap serangan Iran terhadap Israel

Berikut reaksi sejumlah negara dunia terhadap serangan Iran terhadap Israel:

1.Argentina

Kantor Presiden Argentina, Javier Milei menyatakan solidaritas dan komitmen teguh kepada Israel dalam menghadapi serangan tersebut.

Milei menyatakan bahwa Argentina dengan tegas mendukung Israel dalam mempertahankan pelestariannya.

Selain itu, pengadilan Argentina baru-baru ini menyatakan bahwa Iran bertanggung jawab atas serangan bom terhadap kedutaan Israel dan pusat komunitas Yahudi di Buenos Aires pada tahun 1990-an.

2. Brasil

Kementerian Luar Negeri Brasil mengeluarkan pernyataan yang mengatakan keprihatinannya terhadap berita penyerangan Iran dengan ratusan drone dan rudal ke Israel.

Selain itu, Brasil juga telah memperingatkan masyarakat internasional sejak awal perang di Gaza bahwa konflik dapat menyebar ke seluruh wilayah.

3. China

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China menyatakan keprihatinannya terhadap eskalasi setelah serangan Iran.

“China menyerukan kepada pihak-pihak terkait untuk tetap tenang dan menahan diri untuk menghindari peningkatan ketegangan lebih lanjut,” kata juru bicara tersebut.

"Putaran ketegangan ini merupakan dampak dari konflik Gaza dan memadamkan konflik tersebut adalah prioritas utama," tambahnya.

4. Kolombia

Presiden Kolombia Gustavo Petro menyebut serangan Iran ke Israel pada Sabtu malam itu dapat diprediksi.

Ia juga menambahkan bahwa dunia sekarang berada di awal Perang Dunia III, tepatnya ketika umat manusia harus membangun kembali perekonomiannya menuju tujuan dekarbonisasi yang cepat.

“Dukungan AS, dalam praktiknya, terhadap genosida telah menyulut dunia. Semua orang tahu bagaimana perang dimulai, tidak ada yang tahu bagaimana berakhirnya," katanya dalam sebuah pernyataan.

"Andai saja bangsa Israel memiliki kemampuan yang cukup tinggi, seperti nenek moyang mereka, untuk menghentikan kegilaan penguasa mereka,” imbuhnya.

Petro berharap agar Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) harus segera mengadakan pertemuan dan harus segera berkomitmen terhadap perdamaian.

5. Mesir

Kementerian Luar Negeri Mesir menyatakan keprihatinan mendalam atas meningkatnya permusuhan dan menyerukan “pengendalian diri secara maksimal”.

Pernyataannya juga memperingatkan terkait risiko perluasan konflik regional.

Ia menambahkan bahwa Mesir akan melakukan kontak langsung dengan semua pihak yang berkonflik untuk mencoba dan mengatasi situasi tersebut.

6. Uni Eropa

Uni Eropa mengutuk keras serangan Iran yang tidak dapat diterima terhadap Israel.

Hal ini disampaikan langsung oleh diplomat utama Uni Eropa Josep Borrell dalam sebuah postingan di X (Twitter).

“Ini adalah peningkatan yang belum pernah terjadi sebelumnya dan merupakan ancaman besar terhadap keamanan regional,” tulisnya.

Baca juga: Yordania, Lebanon, dan Irak Buka Kembali Wilayah Udara Usai Serangan Iran ke Israel

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com