Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Resep Tanaman Lidah Buaya untuk Mengobati Jerawat, Mudah Dibuat di Rumah

Kompas.com - 11/02/2024, 10:30 WIB
Muhammad Zaenuddin

Penulis

KOMPAS.com - Tanaman lidah buaya (Aloe vera) adalah tanaman dengan ciri utama daun tebal yang memiliki gel bening lembut.

Gel bening tersebut dikenal memiliki efek menghidrasi dan manfaat pengobatan lainnya. Bahkan khasiatnya telah dimanfaatkan untuk mengobati berbagai kondisi kesehatan sejak lama.

Tanaman lidah buaya diakui karena sifat anti-inflamasi dan penyembuhannya yang baik, dan telah digunakan secara tradisional untuk berbagai jenis iritasi kulit.

Di antara sejumlah manfaat tanaman lidah buaya bagi kesehatan, salah satunya adalah membantu menghilangkan jerawat secara alami.

Baca juga: Manfaat Tanaman Lidah Buaya untuk Mengendalikan Gula Darah Penderita Diabetes


Tanaman lidah buaya dan jerawat

Ekstrak tanaman lidah buaya memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi, sehingga digunakan dalam membantu mengobati jerawat.

Dilansir dari laman Everyday Health, tanaman lidah buaya baik digunakan pada jerawat atau pada area umum yang mengalami kemerahan dan iritasi.

Untuk jerawat, tanaman lidah buaya terbukti dapat menenangkan dan mengurangi tampilan serta menonjolnya jerawat dan bahkan bekas jerawat.

Baca juga: Benarkah Kebiasaan Bergadang Bisa Memicu Jerawat? Ini Penjelasan Dokter

Menurut penelitian, lidah buaya mempunyai kemampuan mengurangi produksi prostaglandin E2, sehingga mengurangi kemerahan dan bengkak.

Ini adalah lipid yang memicu respons peradangan pada kelenjar sebaceous, yang menempel pada folikel rambut dan menghasilkan minyak.

Semakin sedikit peradangan pada kelenjar sebaceous, semakin sedikit pula peradangan jerawat.

Baca juga: Khasiat Tanaman Lidah Buaya untuk Hilangkan Jerawat secara Alami

Resep lidah buaya untuk obati jerawat

Manfaat tanaman lidah buaya untuk mengatasi jerawat.iStockphoto/Dmytro Buianskyi Manfaat tanaman lidah buaya untuk mengatasi jerawat.

Anda bisa menggunakan krim tanaman lidah buaya murni untuk dioleskan pada area jerawat. Namun, ada beberapa resep lain yang bisa Anda coba.

Dikutip dari laman Medical News Today, berikut adalah beberapa resep jika ingin menggunakan tanaman lidah buaya untuk mengobati jerawat:

1. Lidah buaya dan lemon

Asam sitrat yang ditemukan dalam buah-buahan seperti lemon juga dapat membantu mengatasi jerawat.

Anda dapat membuat masker wajah dengan mencampurkan lidah buaya dan jus lemon dengan perbandingan 8 banding 1, mengoleskannya secara merata ke seluruh wajah.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com