Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Thailand Berencana Luncurkan Visa Khusus Muay Thai, Berlaku Selama 90 Hari

Kompas.com - 18/01/2024, 14:30 WIB
Erwina Rachmi Puspapertiwi,
Ahmad Naufal Dzulfaroh

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tingginya ketertarikan akan muay thai membuat banyak turis mengunjungi Thailand untuk mempelajari seni bela diri itu secara langsung.

Atas dasar itu, pemerintah Thailand berencana akan meluncurkan visa khusus yang memungkinkan wisatawan asing termasuk Indonesia untuk berlatih muay thai di Thailand selama 90 hari.

Sebelum ada aturan ini, wisatawan asing hanya boleh tinggal di Thailand dengan visa maksimal 60 hari.

Tak hanya membantu turis asing, visa ini dibuat untuk mengenalkan kebudayaan Thailand ke mancanegara.

Lantas, seperti aturan visa khusus muay thai ini?

Baca juga: Cara Menggunakan QRIS Antarnegara di Singapura, Malaysia, dan Thailand


Visa khusus muay thai

Perdana Menteri Thailand Srettha Thavisin mengatakan, kebijakan ini menjadi langkah awal pemerintah untuk melakukan meningkatkan perekonomian negara.

Pengumuman ini keluar dua hari setelah pemerintah Thailand memutuskan akan mempromosikan olahraga nasional sebagai salah satu kekuatan mereka.

“Pemberian visa khusus 90 hari kepada masyarakat yang tertarik mempelajari Muay Thai hanyalah awal kecil dari kebijakan yang diinginkan pemerintah untuk menstimulasi perekonomian Thailand dengan memanfaatkan warisan budaya Thailand sebagai ekspor ke seluruh dunia," ujarnya, diberitakan Mothership (17/1/2024).

Srettha menambahkan, Thailand juga berencana memperpanjang visa tinggal 90 hari bagi turis asing yang belajar budaya lainnya, seperti tarian, musik, dan makanan Thailand.

Dikutip dari New Straits Times (16/1/2024), penasihat perdana menteri Pimol Srivikorn menyebutkan, pemerintah akan menetapkan tingkat standar yang harus dicapai para turis asing di kelas muay thai.

Untuk memastikan kualitas pelatihan tersebut, pihaknya akan memberlakukan sertifikasi bagi guru muay thai.

Pemerintah juga akan melakukan standarisasi pelatih, sehingga seni bela diri nasional dapat disebarluaskan secara akurat ke seluruh dunia.

Baca juga: Panduan Lengkap Membuat Visa ke Luar Negeri

Syarat mendapatkan visa muay thai

Ilustrasi visa.SHUTTERSTOCK / By one photo Ilustrasi visa.
Belum diketahui secara pasti kapan visa itu akan berlaku.

Namun, turis yang tertarik dengan visa pelatihan yang disediakan Thailand dapat mengajukan permohonan pembuatan Non-immigrant Education Visa atau Non-Ed Visa di kedutaan Thailand terdekat.

Wisatawan yang ingin mendapatkan visa tersebut harus berlatih dan tinggal selama durasi 90 hari di gym yang punya sertifikat dari Otoritas Olahraga Thailand (SAT).

Mereka juga dapat memesan kelas pelatihan muay thai di Thailand melalui situs gym yang didukung pemerintah.

Dilansir dari The Thaiger, visa ini diperuntukkan bagi warga negara asing berusia 12 tahun ke atas yang ingin berada di Thailand untuk mengikuti program pendidikan penuh waktu.

Untuk mengajukan visa, wisatawan terlebih dahulu harus diterima dalam kursus penuh waktu, program pelatihan, atau magang di Thailand. Visa ini dapat diajukan di kantor kedutaan atau konsulat Thailand terdekat.

Permohonan visa biasanya membutuhkan waktu 4 hari kerja untuk diproses.

Baca juga: Aturan Baru, WNA Pemilik Visa Kunjungan Kini Bisa Perpanjang Izin Tinggal Secara Online

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com