Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Negara Terdingin di Dunia, Suhu Bisa Mencapai Minus 40 Derajat Celsius

Kompas.com - 02/01/2024, 10:15 WIB
Muhammad Zaenuddin

Penulis

KOMPAS.com - Terdapat berbagai macam iklim di Bumi, mulai dari daerah gurun terpanas dan paling gersang hingga daerah tropis basah dan tundra beku.

Ada banyak negara di dunia ini yang memiliki musim dingin bersalju, namun hanya beberapa yang menjadi paling dingin.

Alasan utama mengapa sebuah negara bisa memiliki suhu lebih dingin adalah garis lintangnya, atau jaraknya dari garis khatulistiwa.

Itu juga dipengaruhi oleh orbit bumi mengelilingi matahari dan kemiringan sumbunya, serta perbedaan ketinggian yang bervariasi.

Baca juga: Sering Dikira Sama, Ini Perbedaan Bangsa dan Negara


Berikut ini adalah 10 negara terdingin di dunia, yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Kanada

Dikutip dari laman World Atlas, Kanada memiliki iklim yang sangat beragam, dengan dua pertiga bagian utaranya mengalami kondisi yang sangat dingin sepanjang tahun.

Suhu sangat bervariasi di berbagai wilayah, dengan musim dingin yang parah di pedalaman mencapai suhu -15°C dan dapat turun hingga -40°C.

2. Rusia

Sebagian besar wilayah Rusia ditandai dengan musim panas yang sejuk dan musim dingin yang sangat panjang,, bersalju, dan sangat dingin.

Suhu tetap sekitar 2,7°C di musim panas, -7,7°C pada hari normal di bulan Januari, dan sering kali mencapai -40°C selama musim dingin yang parah.

Baca juga: Daftar 5 Negara Paling Baru di Dunia, Salah Satunya Timor Leste

3. Mongolia

Mongolia memiliki iklim kontinental kering dengan musim panas yang pendek dan suhu beku di musim dingin. Musim dingin panjang, bersalju, dan berangin dapat menyebabkan suhu turun hingga -40,0°C.

Selama November dan Maret, suhu bisa naik melebihi titik beku, dengan suhu terhangat di April dan Oktober mencapai puncaknya sekitar 34,6°C di wilayah selatan Gobi.

4. Norwegia

Wilayah pedalaman Norwegia menghadapi cuaca ekstrem dengan perbedaan suhu yang mencolok antara musim panas dan dingin. Suhu terdingin yang tercatat di Norwegia adalah -51 derajat Celcius.

Suhu di sepanjang pantai biasanya berkisar sekitar nol derajat Celcius, sedangkan suhu di daratan biasanya lebih rendah dan berkisar antara -10 dan -20 derajat Celcius.

Baca juga: 5 Negara Paling Berbahaya di Dunia 2024, Indonesia Termasuk?

5. Greenland

Mengutip laman A-Z Animals, Greenland adalah negara terdingin di dunia, dan memegang rekor suhu terdingin sepanjang sejarah, yakni -69,6°C pada 22 Desember 1991.

Musim dingin paling parah melanda wilayah Utara dan Timur Laut, di mana suhu bisa turun drastis hingga minus 50 derajat Celcius.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com