Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Kaki Ampuh untuk Menurunkan Diabetes Tipe 2, Bagaimana Caranya?

Kompas.com - 13/12/2023, 09:30 WIB
Alinda Hardiantoro,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Rutin melakukan jalan kaki dinilai ampuh untuk menurunkan risiko terkena diabetes tipe dua menurut penelitian. 

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Sports Medicine 2022 menyebutkan, jalan kaki 2-5 menit setelah makan dapat menurunkan kadar gula darah, seperti dikutip dari Live Strong.

Namun, manfaat jalan kaki untuk menurunkan risiko diabetes tidak serta merta diperoleh dari seberapa lama Anda berjalan kaki.

Studi yang diterbitkan di British Journal of Sports Medicine menunjukkan bahwa kecepatan jalan kaki juga berpengaruh terhadap penurunan risiko diabetes tipe 2.

Diabetes tipe 2 adalah penyakit jangka panjang yang terjadi ketika tubuh tidak dapat menggunakan insulin secara efektif.

Lantas, berapa kecepatan jalan kaki untuk menurunkan risiko diabetes tipe 2?

Jalan kaki untuk menurunkan risiko diabetes tipe 2

Penulis studi sekaligus asisten peneliti di Pusat Penelitian Penentu Sosial Kesehatan di Universitas Ilmu Kedokteran Semnan di Iran Ahmad Jayedi menyampaikan, jalan kaki berkaitan dengan risiko diabetes tipe 2 yang lebih rendah.

Dilansir dari CNN, penelitian terbaru yang diterbitkan dalam British Journal of Sports Medicine membuktikan bahwa jalan kaki dengan kecepatan rata-rata atau normal memiliki risiko 15 persen lebih rendah terkena diabetes tipe 2.

Sementara, jalan kaki dengan kecepatan cukup cepat memiliki risiko 24 persen lebih rendah dibanding mereka yang berjalan dengan mudah atau santai.

Sedangkan jalan cepat memiliki manfaat terbesar, yaitu penurunan risiko diabetes tipe 2 sebesar 39 persen.

Berkaca dari hasil penelitian tersebut, semakin cepat kecepatan jalan kaki, semakin kecil risiko terkena penyakit diabetes tipe 2.

Berikut ini kecepatan jalan kaki berdasarkan kategorinya:

  • Jalan kaki dengan mudah: kecepatan kurang dari 2 mil (3,2 kilometer) per jam.
  • Jalan kaki rata-rata atau normal: kecepatan 2-3 mil (3,2 hingga 4,8 kilometer) per jam
  • Jalan kaki cukup cepat: kecepatan 3-4 mil (4,8 hingga 6,4 kilometer) per jam
  • Jalan kaki cepat atau melangkah: kecepatan lebih dari 4 (6,4 kilometer) per jam.

Setiap peningkatan satu kilometer dalam kecepatan di atas dikaitkan dengan risiko terkena penyakit sebesar 9 persen lebih rendah.

Baca juga: Waktu Ideal Jalan Kaki untuk Kurangi Bahaya Duduk Terlalu Lama

Waktu ideal jalan kaki untuk turunkan gula darah

Penelitian lainnya menunjukkan bahwa jalan kaki setelah makan dapat membantu menurunkan lonjakan gula darah dalam tubuh, sebagaimana dikutip dari Best Life.

Peneliti mencatat, waktu paling ideal untuk mendapatkan manfaat jalan kaki untuk menurunkan gula darah adalah pada waktu 60-90 menit setelah makan.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com