Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gejala Penyakit Liver yang Bisa Terlihat pada Wajah

Kompas.com - 12/12/2023, 21:30 WIB
Muhammad Zaenuddin

Penulis

KOMPAS.com - Penyakit liver adalah kondisi di mana terjadi penurunan fungsi atau adanya kerusakan pada organ hati.

Hati (liver) adalah salah satu organ yang berfungsi membantu tubuh manusi mencerna makanan, menyimpan energi, dan menghilangkan racun.

Kebanyakan jenis penyakit liver tidak menimbulkan gejala apa pun pada tahap awal. Namun, jika Anda mulai merasakan gejalanya, artinya hati sudah rusak dan terluka.

Baca juga: 7 Jenis Hepatitis dan Penyebabnya yang Perlu Diwaspadai


Dilansir dari laman Layanan Kesehatan Nasional Britania Raya (NHS), gejala penyakit hati bisa bermacam-macam, namun sering kali berupa pembengkakan pada perut dan kaki, mudah memar, hingga kulit dan mata yang menguning.

Penyakit liver disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya virus (seperti hepatitis), obat-obatan, racun, atau terlalu banyak mengonsumsi alkohol.

Kondisi tersebut juga bisa disebabkan oleh kanker hati hingga penyakit keturunan, seperti hemochromatosis dan penyakit Wilson.

Baca juga: Hari Hepatitis Sedunia 28 Juli: Sejarah dan Jenis Penyakitnya

Penyakit hati stadium akhir mengacu pada sirosis dekompensasi dan gagal hati, di mana hati Anda kehilangan kemampuan untuk beregenerasi dan menurun secara perlahan.

Efek samping yang paling signifikan dari penyakit hati stadium akhir adalah hipertensi portal dan kanker hati primer (karsinoma hepatoseluler).

Komplikasi dari kedua kondisi ini merupakan penyebab utama rawat inap dan kematian pada penderita sirosis dan gagal hati.

Baca juga: Gejala Penyakit Liver yang Dapat Terlihat pada Kulit

Tanda penyakit liver pada wajah

Gejala penyakit liver yang dapat terlihat pada wajah.iStockphoto/Daria Kulkova Gejala penyakit liver yang dapat terlihat pada wajah.

Salah satu gejala penyakit liver yang dapat terlihat pada wajah adalah penyakit kuning, di mana bagian putih pada mata akan berwarna kuning. Kondisi ini juga terjadi pada kulit.

Anda mungkin mulai merasakan gejala tersebut ketika fungsi hati mulai menurun. Hal ini terjadi pada tahap akhir penyakit liver.

Dilansir dari laman Cleveland Clinic, warna kuning pada sklera (bagian putih mata) disebabkan oleh tingginya kadar bilirubin, pigmen empedu berwarna kuning-oranye.

Empedu adalah cairan yang disekresikan oleh hati, dan bilirubin terbentuk dari pemecahan sel darah merah.

Baca juga: Gejala Hepatitis Bisa Tak Disadari, Ini Penyebabnya

Salah satu efek samping pertama dari penurunan fungsi hati adalah terhentinya aliran empedu di saluran empedu Anda.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com