Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taylor Swift Jadi Person of The Year 2023, Ungguli Xi Jinping, Putin, dan Raja Charles III

Kompas.com - 07/12/2023, 13:00 WIB
Erwina Rachmi Puspapertiwi,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penyanyi solo Taylor Swift ditetapkan sebagai Person of The Year 2023 oleh Majalah TIME, Rabu (6/12/2023).

Swift mengungguli Presiden China Xi Jinping, Presiden Russia Vladimir Putin, dan Raja Britania Raya Raja Charles III yang masuk dalam nominasi. 

Penobatan Taylor Swift sebagai Person of The Year 2023 versi Majalah TIME bukannya tanpa alasan. 

151 konser sepanjang tahun 2023, raup hampir Rp 14 T

Sepanjang tahun ini, penyanyi berusia 33 tahun itu menghabiskan waktu berkeliling dunia untuk mengadakan 151 pertunjukan selama konser "The Eras Tour".

Berdasarkan laporan Billboard, Swift menghasilkan pendapatan sekitar 900 juta dollar AS atau sekitar Rp 13.985.325.000.000 pada 2023.

Dari jumlah tersebut, dia mendapat sekitar 14 juta dollar AS atau Rp 217.549.500.000 per pertunjukan.

Di luar panggung, Swift menjadi penyanyi yang lagunya paling banyak didengarkan di Spotify sepanjang 2023. Lagunya diputar lebih dari 26,1 miliar kali hingga 29 November 2023.

“Ini adalah hal yang paling membanggakan dan membahagiakan yang pernah saya rasakan, dan merupakan hal yang paling kreatif dan bebas yang pernah saya alami,” kata Taylor Swift, dikutip dari Reuters (6/12/2023).

Baca juga: 7 Orang Terkaya di Dunia November 2023 Versi Forbes, Elon Musk Nomor 1


Alasan Taylor Swift jadi Person of The Year 2023

Menurut TIME, Taylor Swift menerima penghargaan Person of The Year 2023 ketika ketenaran dan pengaruhnya mencapai puncak setelah hampir dua dekade berkarier di industri musik.

Taylor Swift merupakan orang pertama dari bidang seni yang mendapat penghargaan Person of The Year atas kesuksesannya sebagai seorang entertainer.

Dia bahkan melampaui catatan TIME yang telah menganugerahkan penghargaan tersebut kepada hampir setiap presiden AS sejak penghargaan itu mulai diadakan pada 1927.

Sepanjang 2023, Taylor menampilkan konser musik yang memecahkan rekor penjualan tiket, sekaligus meningkatkan perekonomian di setiap kota yang dia kunjungi.

Tur "The Eras Tour" miliknya kemudian difilmkan dengan judul "Taylor Swift: The Eras Tour" yang mendapatkan sambutan hangat dari penonton seluruh dunia.

Taylor juga menjadi inspirasi bagi penulisan komik serta meningkatkan minat di kalangan penggemarnya untuk menonton pertandingan sepak bola Amerika atau National Football League (NFL).

Sebelumnya, TIME menobatkan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy sebagai Person of the Year 2022. Tokoh lain yang memenangkan penghargaan ini termasuk Elon Musk, aktivis iklim Great Thunberg, mantan Presiden Donald Trump, dan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Selain Taylor Swift, tahun ini TIME juga menetapkan CEO OpenAI Sam Altman sebagai CEO of The Year, Lionel Messi sebagai Athlete of The Year, dan aktor-penyanyi Alex Newell sebagai Breakthroughof The Year.

Baca juga: 5 Atlet dengan Bayaran Tertinggi Versi Forbes 2023, Ronaldo Teratas

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com