Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Geng Motor Paling Terkenal di Dunia

Kompas.com - 28/11/2023, 17:15 WIB
Muhammad Zaenuddin

Penulis

KOMPAS.com - Klub motor adalah suatu komunitas yang dibentuk karena adanya kesamaan minat terhadap kendaraan sepeda motor.

Klub motor biasanya menjadi sarana bagi sesama pengguna motor dengan kategori tertentu untuk berkumpul, dan umumnya menuntut rasa hormat karena sejumlah alasan.

Namun, ketika sebuah klub motor bersinggungan dengan kejahatan terorganisir, biasanya mereka cenderung disebut sebagai geng motor.

Baca juga: Mengapa Permasalahan Geng Motor Sulit Teratasi?

Berikut ini adalah beberapa geng atau klub motor paling populer di dunia:

1. Hells Angels

Dikutip dari laman Sky History UK, Hells Angels adalah geng motor paling populer di dunia yang didirikan pada 1948 di California.

Mereka mendapatkan ketenaran karena dekat dengan gerakan hippie tahun 1960-an, dan bekerja sama dengan para pionir budaya saat itu, seperti Rolling Stones dan The Beatles.

Mereka adalah organisasi yang cerdik dan sangat melindungi reputasi mereka. Bahkan dikenal sebagai geng motor yang memadukan kekerasan, kebebasan, dan reputasi.

Dengan lebih dari 100 cabang yang tersebar di 29 negara, Hell Angels tetap menjadi klub sepeda terbesar dan paling terkenal di dunia.

Baca juga: Mengenal Dadaisme, Sebuah Gerakan Seni Modern yang Anti-Seni

2. Sons of Silence

Geng motor Sons of Silence didirikan oleh Bruce Richardson pada tahun 1966 di Colorado. Pada 1998, klub ini berkembang ke Eropa dan membuka cabang di Munich.

Mereka mungkin relatif kecil, tetapi kekurangannya dalam ukuran tertutupi reputasinya yang besar, dan mereka sangat populer di Jerman.

Selain operasi narkoba dan senjata di wilayah Midwest dan Selatan, mereka juga membangun wilayah di Kansas, Arizona, dan Colorado, dan bersekutu dengan Hells Angels untuk perlindungan.

Baca juga: Mengenal 5 Gerakan Seni Modern Paling Populer

3. Vagos

Geng motor Vagos terbentuk pada tahun 1965 di San Bernardino, California. Mereka adalah salah satu geng motor paling berbahaya di dunia.

Geng motor ini diketahui telah berkembang menjadi perusahaan internasional yang dalam beberapa hal menyerupai mafia.

Terlepas dari semua itu, geng motor Vagos menyatakan bahwa mereka bukanlah geng penjahat yang terkenal kejam, melainkan klub motor yang sah.

Vagos disebut sebagai musuh alami Hells Angels yang, pada pertengahan tahun 60an, didirikan di lokasi yang sama dengan kepentingan yang serupa.

Baca juga: Mengenal Les Demoiselles dAvignon, Lukisan Kontroversial Karya Pablo Picasso

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com