Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

12 Fakta tentang Area 51, Pangkalan yang Kerap Dikaitkan dengan UFO dan Alien

Kompas.com - 02/08/2023, 07:15 WIB
Muhammad Zaenuddin

Penulis

KOMPAS.com - Area 51 adalah lokasi yang terletak di Groom Lake, di tengah gurun tandus selatan Nevada, Amerika Serikat (AS).

Lokasi ini merupakan instalasi Angkatan Udara AS yang menjadi terkenal karena diduga memiliki hubungan dengan unidentified flying objects atau UFO.

Area 51 sendiri telah melahirkan lebih sejumlah teori, khususnya tentang UFO dan alien.

Dilansir dari laman Space.com, salah satu teori konspirasi seputar pangkalan tersebut menyatakan bahwa ia digunakan untuk pengujian teknologi alien.

Asumsi tersebut dipicu karena pangkalan itu dirahasiakan selama bertahun-tahun dan masih tidak dapat diakses oleh masyarakat umum.

Akibatnya, instalasi militer yang tampak tidak berbahaya ini menjadi bagian intrinsik dari mitos modern dan legenda urban abad ke-20.

Baca juga: NASA Gelar Diskusi Panel Mengungkap Misteri UFO, Apa Temuan Mereka?


 

Nama "Area 51" sendiri diduga berasal dari penunjukan pangkalan itu di peta Komisi Energi Atom, nama ini kemudian melekat di benak publik tetapi kebanyakan tidak digunakan oleh militer.

Didirikan pada tahun 1955 sebagai bagian dari kompleks Uji Coba dan Pelatihan Nevada.

Saat ini, pangkalan dan kompleks Tes dan Pelatihan Nevada yang lebih luas adalah bagian dari Situs Keamanan Nasional Nevada.

Meskipun citra satelit situs tersebut sempat dibatasi, sejak 2018 pangkalan tersebut telah terlihat di Google Maps.

Militer AS akhirnya mengakui keberadaan Area 51 pada 2013 setelah dokumen rahasia CIA yang merinci sejarah pesawat mata-mata U-2 diperoleh oleh Arsip Keamanan Nasional di Universitas George Washington.

Baca juga: AS Tembak UFO Seukuran Mobil yang Terbang di Langit Alaska

Fakta-fakta menarik tentang Area 51

Ilustrasi Area 51.iStockphoto/mrdoomits Ilustrasi Area 51.

Dilansir dari laman Encyclopedia Britannica, berikut adalah sejumlah fakta menarik tentang Area 51:

  1. Area 51 adalah instalasi militer Angkatan Udara AS yang masih aktif dan dikelola oleh Pangkalan Angkatan Udara Edwards di California selatan.
  2. Lokasi Area 51 tidak dapat diakses oleh publik dan berada di bawah pengawasan selama 24 jam.
  3. Satu-satunya penggunaan instalasi yang dikonfirmasi di pangkalan ini adalah sebagai fasilitas uji terbang.
  4. Situs ini dikenal sebagai Area 51 karena penunjukannya pada peta yang dibuat oleh Komisi Energi Atom.
  5. Selama Perang Dunia II (1939–1945), Korps Udara Angkatan Darat AS menggunakan situs tersebut sebagai tempat tembak udara.
  6. Pada tahun 1955 area tersebut dipilih oleh Central Intelligence Agency (CIA) sebagai tempat pengujian Lockheed U-2, sebuah pesawat pengintai ketinggian tinggi.
  7. Setelah U-2 dioperasikan pada tahun 1956, Area 51 digunakan untuk mengembangkan pesawat lain, termasuk pesawat pengintai A-12 (OXCART) dan pesawat tempur siluman F-117 Nighthawk.
  8. Pada tahun 1989 seorang pria bernama Robert Lazar mengklaim bahwa dia bekerja pada teknologi luar angkasa di dalam Area 51. Lazar memberi tahu reporter televisi bahwa dia melihat foto otopsi alien di dalam fasilitas tersebut dan bahwa pemerintah AS menggunakan fasilitas tersebut untuk memeriksa pesawat luar angkasa alien yang ditemukan.
  9. Banyak orang melaporkan telah melihat benda terbang tak dikenal atau UFO di dekat Area 51.
  10. Pada tanggal 25 Juni 2013, CIA menyetujui untuk merilis dokumen yang tidak diklasifikasikan yang mencatat sejarah program U-2 dan OXCART. Rilis dokumen menandai pertama kalinya pemerintah AS secara resmi mengakui keberadaan Area 51.
  11. Menurut CIA, penerbangan uji U-2 dan pesawat militer berikutnya menjelaskan penampakan UFO di daerah tersebut.
  12. Karyawan Area 51 mencapai fasilitas tersebut melalui pesawat. Mereka terbang masuk dan keluar dari terminal terbatas di Bandara Internasional McCarran dengan salah satu dari beberapa pesawat tak bertanda yang diizinkan terbang melalui wilayah udara di atas Area 51 (wilayah udara R-4808N).

Baca juga: AS Rilis Laporan Sementara Terkait UFO, Apa Isinya?

Terkait konspirasi, pengujian pesawat militer baru secara rahasia kemungkinan besar bertanggung jawab atas banyaknya asumsi antara Area 51 dan UFO.

Apalagi istilah "UFO" tidak secara langsung merujuk pada pesawat luar angkasa alien. Cahaya lampu dan pesawat aneh kadang-kadang terlihat di area tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com