Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Manfaat Rutin Minum Teh Lemon Jahe, Apa Saja?

Kompas.com - 23/11/2023, 06:00 WIB
Alicia Diahwahyuningtyas,
Farid Firdaus

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Teh lemon jahe menjadi salah satu racikan minuman tradisional populer yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Hal tersebut lantaran lemon dan jahe merupakan sumber vitamin C, antioksidan, serat, vitamin B6, magnesium, dan potasium yang baik, dikutip dari Web MD.

Selain itu, kombinasi rasa asam dari lemon dan pahitnya jahe juga berpadu dengan teh dan menciptakan cita rasa yang nikmat serta menyehatkan tubuh.

Lalu, apa manfaat minum teh lemon jahe secara rutin?


Manfaat minum teh lemon jahe

Ilustrasi teh lemon jahe.Unsplash Ilustrasi teh lemon jahe.
1. Menenangkan gangguan pencernaan

Dilansir dari Healthline, teh lemon jahe bermanfaat untuk mengatasi gangguan pencernaan, terutama gangguan pencernaan yang dialami setelah makan malam berat.

Jahe adalah rempah-rempah yang sudah lama digunakan dalam pengobatan alternatif dan tradisional lantaran kemampuannya meringankan penundaan pengosongan perut.

Terlebih lagi, lemon mengandung senyawa yang disebut limonene. Senyawa ini membantu proses pencernaan dengan memindahkan makanan di sepanjang saluran pencernaan yang berpotensi mengurangi rasa kenyang yang tidak nyaman.

Meskipun jumlah limonene dalam secangkir teh lemon jahe berbeda-beda, namun kombinasi lemon, jahe, dan air dalam teh lemon jahe dapat menenangkan gangguan pencernaan.

Baca juga: 6 Manfaat Minum Air Rebusan Kunyit dan Jahe di Pagi Hari, Apa Saja?

2. Meredakan mual

Jahe telah lama dikenal akan kemampuannya meredakan mual yang banyak dialami beberapa orang selama kehamilan, kemoterapi, dan beberapa kondisi lainnya.

Menurut penelitian, mengonsumsi 1–1,5 gram jahe per hari mungkin cukup untuk mendapatkan efek anti mual tersebut.

Sebuah artikel ulasan menemukan, jahe dapat mencegah dan mengurangi rasa mual serta muntah yang berhubungan dengan kemoterapi pada separuh penelitian yang dinilai.

Meskipun penelitian belum menunjukkan dengan tepat bagaimana jahe bekerja untuk mengurangi rasa mual, namun kemungkinan efek tersebut didapat dari gingerol, salah satu senyawa utama dalam jahe.

3. Mengurangi hidung tersumbat

Teh lemon jahe dapat membantu mengurangi hidung tersbumbat dengan membuka rongga hidung.

Selain itu, racikan minuman ini juga dapat membantu membersihkan hidung tersumbat dan meredakan sakit tenggorokan akibat penumpukan lendir.

Efek tersebut bisa didapatkan melalui aroma teh jahe lemon atau bisa juga dengan mengonsumsinya rutin dalam kondisi hangat.

Baca juga: Sederet Manfaat dan Efek Samping Minum Teh Jahe Setiap Hari

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com