Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

13 Wilayah Berpotensi Banjir Bandang dan Tanah Longsor 7-8 November 2023, Mana Saja?

Kompas.com - 07/11/2023, 16:00 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebagian wilayah Indonesia telah memasuki musim hujan pada awal November 2023.

Diberitakan Kompas.com, Selasa (7/11/2023), wilayah yang sudah masuk musim hujan di antaranya DKI Jakarta, Selatan, dan Lampung.

Musim hujan juga sudah terjadi di sebagian besar Banten, Jawa Barat, sebagian kecil NTB dan NTT, termasuk Papua Selatan bagian selatan.

Di sisi lain, datangnya musim hujan perlu diwaspadai masyarakat karena beberapa wilayah berpotensi dilanda banjir, banjir bandang, dan tanah longsor.

Baca juga: Wilayah Ini Akan Dilanda Hujan Lebat, Angin Kencang, dan Petir pada 6-7 November 2023

Penyebab banjir, banjir bandang, dan tanah longsor

Kepala Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Miming Saepudin mengatakan potensi bencana terjadi karena beberapa wilayah saat ini memasuki awal musim hujan.

Datangnya musim hujan menyebabkan ditandai cengan cuaca ekstrem berupa hujan lebat disertai kilat petir dan angin kencang, puting beliung, dan hujan es.

"Berpotensi terjadi terutama di wilayah yang masih berada pada masa peralihan musim atau pancaroba dan mulai masuk awal musim hujan," ujar Miming kepada Kompas.com, Selasa. 

Berdasarkan dinamika atmosfer terkini, cuaca ekstrem disebabkan oleh kondisi dinamika atmosfer yang cukup aktif berkontribusi pada pembentukan awan hujan

Beberapa faktor yang memicu kondisi tersebut adalah aktifnya gelombang atmosfer yakni gelombang Rossby Ekuator dan gelombang Kelvin di sekitar wilayah Indonesia.

Selain itu, juga muncul daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin atau konvergensi yang meningkatkan aktivitas konvektif dan memaksimalkan potensi pertumbuhan awan hujan.

Baca juga: Tidak Perlu Racun, Berikut Cara Mencegah Tikus Masuk Rumah Saat Musim Hujan

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com