Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

FIFA Hukum Luis Rubiales Usai Cium Pemain Timnas Wanita Spanyol

Kompas.com - 01/11/2023, 13:30 WIB
Aulia Zahra Zain,
Farid Firdaus

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) menjatuhkan sanksi kepada mantan Presiden Federasi Sepak Bola Spanyol (REFF) Luis Rubiales berupa larangan beraktivitas di sepak bola selama tiga tahun pada Senin (30/10/2023).

Hukuman tersebut dijatuhkan setelah Rubiales mencium bibir pemain tim nasional (timnas) sepak bola wanita Spanyol Jennifer Hermoso.

Tindakan tak senonoh tersebut dilakukan Rubiales usai timnas Spanyol memenangkan pertandingan final Piala Dunia Wanita 2023.

Dilansir dari NBC News, Senin (30/10/2023), dalam sebuah pernyataan, FIFA mengatakan Rubiales telah melanggar pasal 13 kode disiplin badan sepak bola tersebut.

Pasal tersebut berisi, mencegah pemain dan ofisial melakukan tindakan yang melanggar prinsip “permainan adil, loyalitas, dan integritas”.

Tindakan tersebut termasuk melanggar aturan dasar dari FIFA, yaitu menghina seseorang melalui gerak tubuh atau bahasa yang menyinggung dan berperilaku sedemikian rupa sehingga membuat FIFA atau olahraga tersebut mendapatkan reputasi buruk.

Merupakan pelanggaran privasi

Dalam pernyataannya, FIFA menegaskan kembali komitmen mutlaknya untuk menghormati dan melindungi integritas semua orang serta memastikan aturan dasar harus dipatuhi. 

Aksi yang dilakukan Rubiales terjadi ketika ia membagikan medali emas kepada para pemain timnas Spanyol setelah kemenangan 1-0 atas Inggris pada final Piala Dunia Wanita di Sidney, Australia, Agustus 2023. Saat itu, Rubiales memeluk dan mencium Hermoso.

Rubiales mengatakan, ciuman tersebut sebagai bentuk spontanitas, saling menguntungkan, euforia, dan suka sama suka.

Sedangkan, Hermoso mengatakan tidak menyetujui aksi ciuman spontan tersebut dan merasa dirinya menjadi korban.

Baca juga: Profil Luis Rubiales, Presiden Federasi Sepak Bola Spanyol yang Cium Bibir Pemain Wanita

Tindakan Rubiales tersebut juga mendapat kritik dari para menteri di pemerintahan Spanyol.

Beberapa pihak juga mengatakan tindakan itu tidak dapat diterima karena merupakan pelanggaran privasi.

FIFA awalnya melarang Rubiales dari semua aktivitas yang berhubungan dengan sepak bola di tingkat nasional dan internasional selama 90 hari.

Selain itu, Rubiales dan perwakilan REFF juga diperintahkan untuk tidak menghubungi Hermoso dan siapapun yang dekat dengannya.

Baca juga: 10 Stadion dengan Lokasi Tertinggi di Dunia, Dilarang FIFA dan Tempat Lionel Messi Kalah Telak

Mengundurkan diri

Tak hanya mendapat kritik, Rubiales juga dituntut publik untuk mengundurkan diri sebagai Presiden REFF karena tindakannya itu. Namun, ia sempat mengabaikan desakan untuk mundur.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com