Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Lembah Harau yang Disebutkan Mirip Desa Konoha di Anime Naruto, Terletak di Mana?

Kompas.com - 03/10/2023, 13:00 WIB
Nur Rohmi Aida,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Warganet di media sosial TikTok dan Instagram belum lama ini ramai membagikan mengenai video terkait lokasi atau daerah yang disebutkan mirip dengan Desa Konoha dalam anime Naruto.

Sebagai informasi, Desa Konoha di anime Naruto digambarkan sebagai sebuah desa yang dikelilingi bukit tinggi dan di salah satu sisi bukitnya terdapat beberapa ukiran wajah tokoh pemimpin desa.

Dalam berbagai unggahan yang beredar, daerah dengan perbukitan tinggi mirip di Desa Konoha tersebut disebutkan berada di Lembah Harau, Sumatera Barat.

Baca juga: 20 Kutipan Inspiratif dari Manga Naruto

Unggahan warganet yang membahas mengenai Lembah Harau yang disebut mirip dengan perbukitan di desa Konoha ini salah satunya diunggah oleh akun TikTok @palyanrizali pada Senin (4/9/2023).

Dalam video tersebut terlihat adanya suatu daerah dengan bentangan persawahan hijau dikelilingi bukit-bukit tinggi yang seolah membentengi desa.

Lantas, sebenarnya di mana Lembah Harau itu?

Baca juga: Apa Arti Isekai dalam Anime?

@palyanrizali

Nih kampung konoha????

? Always - ????????????

Baca juga: Piala Dunia 2022, Jersey Jepang, dan Anime Blue Lock...

Penjelasan pengunggah

Saat dikonfirmasi, pemilik akun @palyanrizali membenarkan bahwa video tersebut merupakan video yang menunjukkan keindahan kawasan Lembah Harau, Kabupaten Limapuluh Koto, Sumatera Barat.

"Iya, video aku ambil di Lembah Harau," ujarnya kepada Kompas.com, Jumat (29/9/2023).

Video tersebut menurutnya diambil pada 23 Desember 2022 dan masih banyak video terkait Lembau Harau yang belum diunggahnya di media sosial.

"Masih banyak lagi video yang belum aku upload," ungkapnya.

Baca juga: Viral, Video Kereta Terobos Banjir Disebut Mirip Anime Spirited Away, Kereta Apa Itu?

Mengenal Lembah Harau

Lembah Harau di Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera BaratWikimedia Commons Lembah Harau di Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat

Sementara itu, dikutip dari Kompas.com (10/7/2014) Lembah Harau adalah lembah subur yang terletak di Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat.

Lembah Harau beada sekitar 138 km dari Padang dan sekitar 47 km dari Bukittinggi, atau sekitar 18 km dari Kota Payakumbuh dan 2 km dari pusat pemerintahan Kabupaten Lima Puluh Kota.

Lembah Harau dikelilingi batuan terjal dengan ketinggian 100-500 meter.

Adapun beberapa perbukitan yang mengelilingi Lembah Harau di antaranya adalah Bukit Air Putih, Bukit Jambu, Bukit Singkarak, dan Bukit Tarantang.

Halaman Berikutnya
Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com