Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

20 Ucapan Maulid Nabi 1445 H dan Sejarah Perayaannya...

Kompas.com - 26/09/2023, 20:00 WIB
Alicia Diahwahyuningtyas,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com Maulid Nabi adalah peringatan Hari Lahir Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada 12 Rabiulawal dalam penanggalan Hijriah.

Tahun ini, peringatan Maulid Nabi jatuh pada Kamis (28/9/2023) atau 12 Rabiulawal 1445 H.

Dilansir dari Kompas.com, Senin (25/9/2023), secara substansi, peringatan Maulid Nabi adalah wujud kegembiraan dan penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW. 

Menurut sejarah, peringatan Maulid Nabi pertama kali dirayakan oleh bangsa Arab sejak abad ke-2 Hijriah atau abad ke-8 M. Sejak itu, perayaan Maulid Nabi mulai berkembang di berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia.

Baca juga: Ragam Tradisi Maulid Nabi di Indonesia

Di Indonesia sendiri, peringatan Maulid Nabi pada Kamis (28/9/2023) ditetapkan sebagai hari libur nasional. Meski begitu, tidak ada cuti bersama dalam peringatan tersebut.

Hal ini merujuk pada Surat Keputusan Bersama (SKB) Tiga Menteri Nomor 624 Tahun 2023, Nomor 2 Tahun 2023, dan Nomor 2 Tahun 2023 yang disepakati oleh Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB),

Selain ditetapkan sebagai tanggal merah, perayaan Maulid Nabi di Indonesia juga sering kali dirayakan dengan berbagai cara, salah satunya dengan memberikan ucapan selamat Maulid Nabi ke keluarga, saudara, dan teman.

Baca juga: Catat, Ini Daftar Libur Panjang 2024


Ucapan selamat Maulid Nabi 1445

Berikut adalah kumpulan ucapan selamat Maulid Nabi 1445/2023:

  1. Selamat Hari Maulid Nabi Muhammad SAW 2023.
  2. Selamat Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 12 Rabiulawal 1445 H.
  3. Selamat Hari Maulid Nabi Muhammad SAW 2023 untuk seluruh umat Islam.
  4. Suka cita untuk umat Islam dalam merayakan Maulid Nabi 2023.
  5. Selamat memperingati Maulid Nabi Muhamad SAW 2023. Semoga damai selalu menyertai kita semua.
  6. Selamat memperingari Maulid Nabi SAW 1445 H. Semoga kegembiraan datang dengan kelahiran sang penunjuk jalan yang lurus. Semoga banyak makna yang kita dapat dalam memperingatinya.
  7. Selamat Hari Maulid Nabi Muhammad SAW 2023. Jadikan Maulid Nabi Muhammad sebagai momentum untuk memperbaiki diri dan meneladani kehidupan Nabi Muhammad agar selamat dunia dan akhirat.
  8. Selamat merayakan hari Maulid Nabi Muhammad SAW 12 Rabiulawal. Di hari maulid ini, semoga kita selalu memperoleh syafaat serta mampu meneladani akhlakul karimah beliau.
  9. Selamat hari Maulid Nabi Muhammad SAW 2023. Mari wujudkan kepedulian sosial sesuai sunah yang diajarkan oleh Rasulullah.
  10. Selamat Maulid Nabi Muhammad SAW 12 Rabiulawal. Mari jadikan momen yang besar ini untuk mempererat tali persaudaraan setiap umat Islam.
  11. Selamat Maulid Nabi SAW 1445 H. Jadikan keteladanan Rasulullah sebagai motivasi untuk berjuang serta peduli terhadap negara.
  12. Selamat Maulid Nabi SAW 1445 H! Muhammad menunjukkan kepada kita kepatuhan dan kesetiaan, hak, kebenaran, belas kasihan dan hati nurani, keadilan, kebajikan, kesabaran dan toleransi dengan kehidupan teladannya.
  13. Selamat Maulid Nabi Muhammad SAW 12 Rabiulawal, yang merupakan hari kelahiran sang suri tauladan yang mampu menyinari kegelapan umat.
  14. Wujudkan jalinan ukhuwah Islamiyah dan menuju masyarakat yang tentram. Selamat Maulid Nabi SAW 1445 H.
  15. Selamat Maulid Nabi SAW 1445 H. Rasulullah adalah suri teladan yang mampu menunjukan kepada kita tentang kebaikan, kewajiban, hak, kebenaran, keadilan, kesabaran, toleransi, serta hati nurani melalui akhlakul karimah-nya.
  16. Semoga Anda sekeluarga selalu berbahagia dan meneladani akhlak Rasulullah. Selamat Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H!
  17. Semesta ini berseri, penuh suka cita dan bahagia menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW.
  18. Selamat Maulid Nabi Muhammad SAW 2023. Kelahiran Nabi kita adalah harapan untuk kebahagiaan abadi semua umat manusia.
  19. Selamat Maulid Nabi SAW 1445 H. Terima kasih ya Allah, Engkau telah mengutus kekasih-Mu Nabi Muhammad SAW. Beliau penyempurna akhlak kami, beliau menjadi rahmat bagi alam.
  20. Selamat Hari Maulid Nabi Muhammad SAW 2023. Semoga kita semua kelak akan mendapatkan syafaat dari Muhammad SAW.

Baca juga: Libur Maulid Nabi 2023 Tanggal Berapa?

Sejarah Maulid Nabi

Warag desa membawa tolangga yang berisi kue dan makanan ke masjid saat perayaan walima atau maulid Nabi Muhammad. Prosesi ini menarik wisatawan untuk datang ke desa Bongo.KOMPAS.COM/ROSYID A AZHAR Warag desa membawa tolangga yang berisi kue dan makanan ke masjid saat perayaan walima atau maulid Nabi Muhammad. Prosesi ini menarik wisatawan untuk datang ke desa Bongo.

Ada beberapa pendapat yang terbeda terkait kapan pertama kali Maulid Nabi dilakukan.

1. Sudah dirayakan bangsa Arab sejak abad ke-2 H

Dilansir dari Kompas.com (7/10/2022), kelahiran Nabi Muhammad sudah dirayakan oleh bangsa Arab sejak abad ke-2 Hijriah atau abad ke-8 M.

Pendapat ini didasarkan pada Nuruddin Ali dalam kitab Wafa'ul Wafa bi Akhbar Darul Mustafa.

Di mana, disebutkan seseorang bernama Khaizuran (170H/786 M) datang ke Madinah dan memerintahkan masyarakatnya merayakan hari kelahiran Nabi Muhammad di Masjid Nabawi.

Khaizuran adalah salah satu sosok yang berpengaruh dari masa Dinasti Abbasiyah itu juga mengunjungi Mekkah dan memerintahkan hal yang sama.

Menurutnya, tujuan Maulid Nabi dirayakan supaya teladan, ajaran, dan kepemimpinan mulia Nabi Muhammad bisa terus menginspirasi umat Islam.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com