Kompas.com - 07/10/2022, 14:30 WIB

KOMPAS.com - Tahun ini, Maulid Nabi Muhammad SAW akan diperingati pada Sabtu, 8 Oktober 2022.

Berbagai tradisi dilaksanakan oleh masyarakat untuk memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Tradisi yang sudah dilakukan sejak puluhan tahun lamanya.

Misalnya, dilansir dari NU online, masyarakat di Jawa kerap merayakannya dengan membaca Manakib Nabi Muhammad dalam Kitab Maulid Barzanji, Maulid Simtud Dhurar, Diba’, Saroful Anam, Burdah, dan lain-lain.

Seusai membaca Manakib, mereka biasanya akan menyantap makanan bersama-sama yang disediakan secara gotong royong oleh warga.

Berikut 7 tradisi Maulid Nabi di Indonesia, dari Aceh hingga Gorontalo:

Baca juga: 30 Link Twibbon dan Ucapan Selamat Memperingati Maulid Nabi 2022

1. Tradisi Walima, Gorontalo

Arak-arakan Tolangga berisi kue kolombengi dan toyopo berisi ayam atau ikan bakar jadi daya tarik pelaksanaan Walima di Gorontalo.KOMPAS.com/ ROSYID A AZHAR Arak-arakan Tolangga berisi kue kolombengi dan toyopo berisi ayam atau ikan bakar jadi daya tarik pelaksanaan Walima di Gorontalo.
Masyarakat Gorontalo memperingati hari Maulid Nabi Muhammad SAW dengan melaksanakan tradisi Walima.

Dilansir dari Kompas.com (28/9/2022), tradisi Walima adalah tradisi perayaan Maulid Nabi yang dilaksanakan turun-temurun sejak kemunculan kerajaan-kerajaan Islam di Gorontalo.

Diperkirakan, tradisi ini sudah ada di Gorontalo sejak sekitar abad ke-17.

Tradisi Walima akan dimulai dengan lantunan Dikili atau tradisi lisan dzikir masyarakat Gorontalo yang dilakukan di masjid-masjid. Kemudian, tiap rumah akan membuat kudapan khas tradisional, seperti kolombengi, curuti, buludeli, wapili, dan pisangi.

Nantinya, kudapan ini akan disusun di sebuah Tolangga atau usungan kayu yang menyerupai perahu atau menara.

Halaman:

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.