Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sosok Abdur Rahman Amir Ruddin, Remaja yang Shalatkan Jenazah Orangtua dan 4 Adiknya

Kompas.com - 05/09/2023, 17:24 WIB
Erwina Rachmi Puspapertiwi,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.comAbdur Rahman Amir Ruddin (19) seorang pemuda asal Malaysia menjadi imam shalat jenazah bagi orangtua dan empat adiknya yang tewas akibat kecelakaan

Kecelakaan itu terjadi di Segamat, Malaysia pada Jumat (1/9/2023). Satu adiknya yang lain masih menyalani perawatan di rumah sakit.

Pada hari kejadian, Abdur Rahman sedang ada acara lain dan tidak bisa mengikuti rombongan tersebut. Ia hanya berjanji akan menyusul keluarganya. Belakangan ia justru mendapat kabar keluarganya terlibat kecelakaan.

Video saat Abdur akan memimpin shalat jenazah untuk orangtua dan adiknya lantas menjadi ramai beredar di media sosial. Dalam videonya, Abdul tampak menangis di hadapan enam jenazah keluarganya.

Baca juga: Kisah Pilu Remaja di Malaysia, Orangtua dan Keempat Adiknya Tewas dalam Kecelakaan Maut di Segamat


Kronologi kejadian

Rombongan keluarga Abdur terlibat kecelakaan maut yang terjadi antara sebuah truk dan empat mobil di Jalan Segamat-Kuantan, Malaysia pada Jumat (1/9/2023).

Dikutip dari Kompas.com, Selasa (5/9/2023), kecelakaan ini menyebabkan sepasang suami istri berusia 46 dan 43 tahun, ketiga putri berusia 17, 13, dan 10 tahun, serta seorang anak berusia 5 tahun meninggal.

Sementara satu anak laki-laki berusia 15 tahun yang terlibat kecelakaan masih dirawat karena mengalami luka serius.

Kepala Kepolisian Segamat Ahmad Zamry Marinsah mengatakan, kecelakaan diduga terjadi saat sebuah mobil SUV yang berjalan dari arah Kuantan melambat setelah melihat perbaikan jalan di depannya.

Sayangnya, truk truk bermuatan pasir di belakangnya gagal mengerem.

Pengemudi truk kehilangan kendali dan menabrak bagian belakang mobil tersebut. Tabrakan itu menyebabkan truk masuk ke jalur lawan arah dan menabrak mobil orangtua Abdur.

Baca juga: Momen Terakhir Korban Kecelakaan Pesawat di Malaysia, Bagikan Foto untuk Keluarga

Jenazah tiba untuk dishalatkan

Jenazah keluarga Abdur tiba di Masjid Ubudiyyah, Parit Limbong, Kota Muar, Johor, Malaysia sekitar pukul tiga sore keesokan harinya.

Dilansir dari media lokal Astro Awani (2/9/2023), enam mobil pengangkut jenazah tiba setelah para jenazah menjalani visum di RS Segamat.

Abdur yang biasanya menjadi muazin di masjid didapuk menjadi imam shalat jenazah tersebut. Ia mengimami sekitar 500 jemaah. Sebelum shalat, ia terlihat beberapa kali menyeka air mata.

Setelah dishalatkan, seluruh keluarga besar dan masyarakat memberikan penghormatan terakhir kepada para jenazah. Abdur lalu ikut memakamkan keluarganya di Tanah Perkuburan Islam Ubudiah, Parit Jawa, Malaysia.

"Kami baru saja bertemu sebelum mereka pergi. Namun takdir Allah, saya kehilangan keluarga sekaligus. Tidak terlintas di pikiran saya akan jadi anak yatim piatu dalam sekejap mata," ujar Abdur, dikutip dari Bharian (2/9/2023).

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com