Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Hanya Beethoven dan Mozart, Berikut 7 Komposer Musik Klasik Paling Populer

Kompas.com - 03/09/2023, 16:15 WIB
Muhammad Zaenuddin

Penulis

KOMPAS.com - Musik klasik dikenal sebagai musik yang ditulis dalam tradisi musik Barat, biasanya menggunakan bentuk yang sudah mapan, misalnya simfoni.

Jenis musik seperti ini menggambarkan kombinasi instrumen, melodi, dan harmoni yang kuat dalam membentuk kanon sejarah musik Barat.

Musik klasik umumnya diproduksi di mana era Renaisans, Barok, atau Romantis dan dianggap sebagai musik serius dan memiliki nilai abadi.

Sejarah musik klasik penuh dengan pionir dan orang-orang jenius. Nama-nama komposer besar seperti Bach, Beethoven, dan Mozart adalah beberapa di antarannya.

Baca juga: 9 Manfaat Musik secara Psikologis, Bisa Mengurangi Stres dan Meningkatkan Memori


Namun, ternyata selain tiga nama populer tersebut, ada banyak sekali komposer musik klasik hebat yang cukup populer yang berbeda dalam gaya, keterampilan, dan inovasi

Berikut adalah beberapa komposer musik klasik yang paling terkenal di dunia:

1. Ludwig van Beethoven (1770–1827)

Dilansir dari laman Encyclopedia Britannica, komposer dan pianis Jerman Ludwig van Beethoven secara luas dianggap sebagai komposer terhebat yang pernah hidup.

Dia memperluas tradisi Klasik Joseph Haydn dan Mozart melalui eksperimen dengan ekspresi pribadi, sebuah karakteristik yang mempengaruhi komposer Romantis.

Memperluas cakupan sonata, simfoni, konser, dan kuartet, karya terkenal Beethoven meliputi Symphony No. 9 in D Minor, Op. 125, Simfoni No. 5 dalam C Minor, Op. 67, Moonlight Sonata, dan Für Elise.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Beethoven Ciptakan Für Elise

2. Johann Sebastian Bach (1685–1750)

Ilustrasi Johann Sebastian Bach, salah satu komposer musik klasik paling populer.iStockphoto/THEPALMER Ilustrasi Johann Sebastian Bach, salah satu komposer musik klasik paling populer.

Johann Sebastian Bach adalah seorang komposer Jerman pada periode Barok. Orang-orang sezamannya mengagumi bakatnya sebagai musisi, meski menganggap komposisinya kuno.

Penemuan kembali karyanya di awal abad ke-19 menghadirkan era kebangkitan Bach, ia kemudian dipandang sebagai salah satu komposer terhebat sepanjang masa.

Komposisinya yang paling terkenal termasuk Brandenburg Concertos, The Well-Tempered Clavier, BWV 846–893, Suites for Unaccompanied Cello, BWV 1007–1012, Orchestral Suites, BWV 1066–1069, dan Mass in B Minor, BWV 232.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Komposer Johann Sebastian Bach Meninggal Dunia

3. Wolfgang Amadeus Mozart (1756–91)

Seorang komposer Austria pada periode Klasik, Wolfgang Amadeus Mozart dikenal luas sebagai salah satu komposer musik Barat terhebat.

Dia adalah satu-satunya komposer yang menulis dan unggul dalam semua genre musik pada masanya.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com