Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aktor dan Penulis Naskah Hollywood Mogok Kerja, Produksi Deretan Film Ini Terganggu

Kompas.com - 16/07/2023, 17:00 WIB
Erwina Rachmi Puspapertiwi,
Farid Firdaus

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mogok kerja yang dilakukan para penulis naskah film Hollywood sejak 2 Mei 2023 dan diikuti protes para aktor mulai Kamis (13/7/2023) telah memengaruhi industri perfilman di Amerika Serikat.

Sejumlah proses produksi film mengalami penundaan, bahkan tanggal penayangannya di bioskop seluruh dunia terancam mundur akibat aksi tersebut.

Serikat aktor AS, Screen Actors Guild-American Federation of Television and Radio Artists (SAG-AFTRA) dan serikat penulis skenario film AS, Writers Guild of America (WGA) mogok kerja sebagai bentuk protes kepada organisasi produser film AS, Alliance of Motion Picture and Television Producers (AMPTP).

Mereka melakukan aksi mogok kerja demi menuntut pemberian gaji dan kondisi kerja yang lebih baik serta meminta larangan penggunaan kecerdasan buatan atau AI untuk menggantikan pekerjaan mereka.

Berikut daftar film yang proses produksi dan penayangannya tertunda akibat aksi mogok kerja para aktor dan penulis naskah yang terlibat di dalamnya.

Baca juga: Aktor dan Penulis Naskah Hollywood Mogok Kerja, Apa Dampaknya?


Film terdampak mogok kerja di Hollywood

Poster film Mission: Impossible - Dead Reckoning [IMDb]. Poster film Mission: Impossible - Dead Reckoning [IMDb].
Film-film di bawah ini tengah memulai proses produksi bahkan sudah mengumumkan jadwal penayangan. Sayangnya, proses syuting terhambat akibat protes yang berlangsung.

Deadpool 3

Diberitakan Vulture (14/7/2023), film Deadpool (Ryan Reynolds) telah memulai proses syuting untuk jadwal tayang 3 Mei 2024. Sayangnya, syuting film tersebut kemudian ditunda.

Wicked

Film adaptasi teater Broadway berjudul Wicked berhenti syuting padahal waktu produksi hanya tersisa sepuluh hari.

Para aktor yang terlibat, seperti Ariana Grande dan Michelle Yeoh ikut menyuarakan pemogokan. Akibatnya, film yang dijadwalkan rilis pada 2024 dan 2025 diprediksi butuh waktu lebih lama untuk tayang.

Mission: Impossible - Dead Reckoning Part 2

Aksi mogok kerja para aktor membuat Tom Cruise tidak boleh berakting dalam film kedelapan waralaba Mission: Impossible ini selama durasi pemogokan.

Film yang akan rilis pada 28 Juni 2024 tersebut mungkin akan ditunda penayangannya.

Baca juga: Urutan Menonton Film Mission Impossible Sesuai Kronologi Cerita dan Tahun Rilis

Beetlejuice 2

Film yang disutradarai Tim Burton ini menghentikan sementara proses syuting. Film komedi fantasi yang diperankan Michael Keaton, Winona Ryder, dan Jenna Ortega ini dijadwalkan rilis pada 6 September 2024.

Gladiator 2

Produksi Gladiator 2 dihentikan sementara di tengah proses pembuatan film. Padahal, film aksi ini akan tayang pada 24 November 2024.

Lilo & Stitch

Versi live-action adaptasi film kartun Disney ini telah mulai syuting pada April lalu di Hawaii, AS. Namun, proses produksi dihentikan sementara akibat aksi mogok kerja.

Pihak studio belum menentukan tanggal rilis film ini.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com