Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai soal Kereta Luar Biasa SMAN 3 Bandung Menuju Surabaya Gubeng, Harga Sewanya Berapa?

Kompas.com - 13/05/2023, 15:15 WIB
Dandy Bayu Bramasta,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Unggahan yang memperlihatkan Kereta Luar Biasa (KLB) SMAN 3 Bandung dari Stasiun Bandung ke Surabaya Gubeng ramai di media sosial.

Salah satunya, unggahan itu dibagikan akun ini di grup Facebook Komunitas Pecinta Kereta Api Indonesia (KPKAI) pada Jumat (12/5/2023).

Pengunggah pun mempertanyakan harga sewa kereta tersebut. "Kira2 berapa Harga Sewa satu Rangkaian," demikian pertanyaan dari pengunggah.

Dalam unggahan, turut dibagikan foto yang menampilkan plakat di kereta api bertuliskan "KLB SMAN 3 Bandung". Relasinya sendiri dari Stasiun Bandung ke Surabaya Gubeng.

Hingga Sabtu (13/5/2023) siang, unggahan tersebut telah disukai lebih dari 620 kali dan dikomentari lebih dari 170 kali oleh pengguna Facebook.

Baca juga: Ramai soal Tiket Sisa 2 tapi Banyak Kursi Kosong Disebut Trik Marketing, Ini Kata PT KAI

Lantas, bagaimana penjelasan PT Kereta Api Indonesia (KAI)?

Sewa kereta untuk study tour ke Bali

PT Kereta Api Indonesia (Persero) membuka lowongan kerja melalui acara Job Fair Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta tahun 2023.KOMPAS.com/DANDY BAYU BRAMASTA PT Kereta Api Indonesia (Persero) membuka lowongan kerja melalui acara Job Fair Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta tahun 2023.

Saat dikonfirmasi, Manager Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung Mahendro Trang Bawono membenarkan bahwa pihak SMAN 3 Bandung menyewa kereta api untuk perjalanan dari Bandung ke Surabaya.

Dari informasi yang dia terima, SMAN 3 Bandung melalui pihak ketiga dalam hal ini travel, menyewa kereta api ke KAI dalam rangka study tour ke Bali.

"Yang menghubungi kami (KAI) itu bukan dari pihak SMAN 3 (bandung) langsung, tapi dari pihak ketiga, infonya dari pihak travel," kata Mahendro, kepada Kompas.com, Sabtu siang.

Namun, Mahendro menjelaskan, kereta api yang disewa hanya sampai Stasiun Surabaya Gubeng. Pihak SMAN 3 Bandung melanjutkan perjalanan ke Bali menggunakan bus.

Baca juga: Warganet Keluhkan Harga Tiket Argo Parahyangan Mahal, KAI: Menyesuaikan Demand

"Hari keberangkatannya Jumat, 12 Mei 2023 dari Bandung jam 06.20 WIB sampai Surabaya 17.06 WIB," lanjut dia.

Dia mengatakan, pihak SMAN 3 Bandung menyewa tujuh kereta eksekutif dengan jumlah penumpang 350 orang.

Adapun fasilitas yang didapatkan tidak jauh berbeda dengan kereta api kelas serupa.

"Fasilitas yang didapatkan sih sebenarnya hampir sama dengan kereta api pada umumnya, kalau KLB ini menangnya lebih ke privasi dan fleksibilitas," tambah dia.

Baca juga: Viral, Video KAI Berikan Mainan untuk Penumpang Anak, Ini Alasannya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com